Sabtu, 1 November 2014

Bank Indonesia tetap operasi saat Pilkada DKI

| 5.355 Views
id pilkada DKI, operasional BI, hari libur, tetap beroperasi
Bank Indonesia tetap operasi saat Pilkada DKI
Kantor Bank Indonesia (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki) ()
Kantor BI di Jakarta akan tetap beroperasi seperti biasa...
Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia menetapkan untuk tetap beroperasi saat libur pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 11 Juli mendatang.

"Kantor BI di Jakarta akan tetap beroperasi seperti biasa karena mempertimbangkan langkah BI dalam mendukung kegiatan perekonomian nasional sehingga kegiatan, operasional sistem BI-RTGS dan sistem kliring serta kegiatan kas beroperasi normal sebagaimana ketentuan berlaku," demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution di Jakarta, Jumat.

"Dengan tetap beroperasi secara normal, BI mengharapkan kebutuhan transaksi masyarakat melalui perbankan di wilayah DKI Jakarta dan luar DKI dapat dipenuhi dan kegiatan ekonomi dapat berjalan sebagaimana biasa. Meski demikian kami berharap kegiatan Pilkada DKI dapat berjalan aman dan lancar," katanya.

Darmin menyatakan, meski beroperasi normal BI tetap memberikan kesempatan kepada pegawai untuk menggunakan hak pilihnya, dengan pengaturan waktu yang ditetapkan secara internal.

Beroperasinya, BI pada saat pelaksanaan Pilkada DKI tidak terlepas dari posisi kantor pusat BI di Jakarta sebagai "hub" atau sentral bagi operasi BI RTGS dan sistem kliring BI yang saat ini merupakan sarana utama dalam penyelesaian transaksi antar bank secara nasional.

Sehubungan dengan itu, BI mengharapkan kepada pimpinan bank umum dan BPR di DKI Jakarta dapat melakukan pengaturan jadwal bagi pegawainya agar dapat menggunakan hak pilih sebaik-baiknya dan secara bersamaan tetap memberikan pelayanan kepada nasabah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan hari pelaksanaan pemungutan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), 11 Juli 2012 sebagai hari libur. Keputusan tersebut dituangkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 35 tahun 2012 tentang Hari Libur Dalam Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga