Jumat, 19 Desember 2014

Moody`s: kesepakatan zona euro efektif tetapi mahal

| 4.262 Views
id krisis ekonomi, zona euro, Moody, penyelamatan ekonomi
Langkah-langkah yang terkandung dalam pernyataan Jumat lalu oleh para pemimpin kawasan euro akan mengurangi risiko jangka pendek deposito berjalan atau menutup pasar kredit.
Washington (ANTARA News/AFP) - Sebuah kesepakatan yang dicapai bulan lalu oleh para pemimpin zona euro akan mengurangi risiko jangka pendek bagi perekonomian kawasan, tetapi dengan biaya lebih tinggi untuk anggota-anggota kaya, lembaga pemeringkat Moody`s, Kamis, memperkirakan.

"Langkah-langkah yang terkandung dalam pernyataan Jumat lalu oleh para pemimpin kawasan euro akan mengurangi risiko jangka pendek deposito berjalan atau menutup pasar kredit," Moody`s mengatakan.

Pada 29 Juni, para pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan untuk memungkinkan dua dana penyelamatan Eropa -- Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) dan Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM) -- untuk membantu ekonomi-ekonomi yang kesulitan.

Moody`s mengatakan, para pemimpin Uni Eropa telah menunjukkan mereka bersedia mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari "pembubaran bertahap dari kawasan euro melalui tambahan gagal bayar (default) atau keluar."

Namun lembaga pemeringkat memperingatkan bahwa "integrasi fiskal lebih dekat membawa biaya tinggi," karena negara-negara Eropa "yang secara efektif mendukung lainnya" akan menghadapi tekanan yang dapat melemahkan kelayakan kredit mereka.

"Selain itu, mengingat sifat reaktif lanjutan dari keputusan kebijakan, Moody`s percaya bahwa normalisasi pasar utang negara bisa memakan waktu bertahun-tahun," kata lembaga peringkat itu.

(S006)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga