Krasnoyarsk, Rusia (ANTARA News) - Delegasi Tim Kesenian Indonesia yang dipimpin Inspektur Jenderal Kemenparekraf I Gusti Putu Laksguna mendapat sambutan meriah dari penonton pada Festival Musik Internasional Ketiga di Krasnoyarsk 29 Juni sampai 6 Juli 2012.

Sambutan dan animo masyarakat Rusia sangat besar. Lagu Rusia "Kalinka", yang diiringi permainan alat musik Indonesia oleh Tim Kesenian Indonesia dan berkolaborasi dengan Tim Kesenian Rusia memberikan sentuhan tersendiri sebagai simbol persahabatan, kata I Gusti Putu Laksaguna dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Tim Kesenian Indonesia yang diwakili "Surya Vocalia Orchestra", juga menampilkan pertunjukan lagu-lagu dan tarian daerah dengan mengkolaborasikan alat musik tradisional dan modern serta menggunakan pakaian daerah sebagai kostum panggung.

Persembahan enerjik berbagai budaya nusantara itu melekatkan nama Indonesia dengan keindahan ekspresi seni bagi pengunjung dan masyarakat kota terbesar ketiga di Siberia yang berjarak sekitar 4120 kilometer dari Moskow itu.

Menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Djauhari Oramangun keikutsertaan Indonesia pada Festival ini diharapkan dapat lebih mempomosikan Indonesia kepada masyarakat Rusia dan mendekatkan hubungan kedua bangsa.

"Kami harus terus mempromosikan Indonesia. Budaya akan merekatkan hubungan kedua bangsa yang pada gilirannya akan memberikan manfaat ekonomi antara lain dengan meningkatnya arus wisatawan Rusia ke Indonesia," ujar Djauhari Oratmangun.

Festival Musik Internasional Krasnoyarsk Ketiga menampilkan keunikan seni dan budaya 19 negara Asia Pasifik dan pecahan Uni Soviet, seperti Australia, Amerika Serikat, Bangladesh, China, Filipina, India, Kazakhstan, Korea, Meksiko, Mongolia, Rusia, Thailand, Turkmenistan dan Vietnam.

Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Moenir Ari Soenanda dan Direktur Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film Kemenparekraf Ukus Kuswara.
(SDP-51/Z003)