Rabu, 1 Oktober 2014

Hatta: pertumbuhan ekonomi tahun depan lebih baik

Jumat, 6 Juli 2012 18:23 WIB | 2.623 Views
Hatta: pertumbuhan ekonomi tahun depan lebih baik
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa (FOTO ANTARA)
Saya tetap optimistis bahwa situasi ekonomi global pada 2013 lebih baik daripada tahun ini. Kami harus kerja keras untuk mencapai itu,"
Jakarta (ANTARA News) - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 menjadi lebih baik seiring dengan perkembangan ekonomi global yang membaik tahun depan.

"Saya tetap optimistis bahwa situasi ekonomi global pada 2013 lebih baik daripada tahun ini. Kami harus kerja keras untuk mencapai itu," ujarnya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, target pertumbuhan yang ditetapkan dalam RAPBN 2012 sebesar 6,8 persen--7,2 persen masih dapat tercapai karena ketika kondisi Eropa memburuk, Indonesia masih mencatatkan pertumbuhan 6,3 persen pada triwulan I.

Hatta mengatakan, pertumbuhan konsumsi domestik dapat menjadi kunci utama pertumbuhan dalam mengantisipasi pelemahan pasar ekspor yang mulai terdampak dari krisis di Eropa.

"Untuk menumbuhkan ekonomi domestik, jangan terlalu tergantung pada ekspor. Kita harus memperluas pasar domestik kita yang besar ini, yang belum optimal," katanya.

Hatta menambahkan, untuk mendorong ekonomi dan perdagangan dalam negeri, pemerintah berupaya meningkatkan daya saing serta konektivitas agar produk domestik tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri.

"Selalu saja ada peluang itu, disamping tentu adalah meningkatkan daya saing tapi juga penting meningkatkan kecintaan, kesadaran untuk membeli produk nasional kita," ujarnya.

Menurut dia, memperkuat ekonomi domestik bukan berarti melarang masuknya barang impor, namun menjaga pasar dalam dulu agar lebih kompetitif dan mendorong konsumsi masyarakat.

"Itu bukan artinya kita melarang barang impor, akan tetapi selalu ada cara kita yang elegan dan tidak menyalahi aturan WTO," kata Hatta.

Selain itu, ia mengharapkan angka investasi yang makin meningkat setiap tahun dapat menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi agar target yang ditetapkan pemerintah tidak meleset terlampau jauh.
(S034/I007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga