Jumat, 19 Desember 2014

XL gelar uji jaringan jelang Ramadhan--Lebaran

| 2.266 Views
id operator xl, uji jaringan jelang lebaran, dirut xl, hasnul suhaimin
XL gelar uji jaringan jelang Ramadhan--Lebaran
Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi. (FOTO.ANTARA)
Uji jaringan digelar di sejumlah daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik terutama di sepanjang jalur mudik,"
Jakarta (ANTARA Ndews) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk menggelar uji sinyal jaringan untuk memastikan agar kualitas layanan dalam kondisi baik selama menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2012.

"Uji jaringan digelar di sejumlah daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik terutama di sepanjang jalur mudik," kata Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi, saat melepas rombongan "Network Drive Test XL", di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat.

Menurut Hasnul, uji sinyal dilakukan serentak pada 6-7 Juli 2012 di sepanjang jalur mudik pelanggan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung.

Selanjutnya Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar.

"Pada uji kesiapan jaringan ini, XL juga mengajak serta sejumlah media dan blogger agar masyarakat dan pelanggan mengetahui keseriusan kami menyiapkan jaringan yang terbaik," tegas Hasnul.

Uji kesiapan jaringan dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi melalui jalur darat, dengan kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo, dan Surabaya-Yogya) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut menggunakan ferry (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).

Ia menjelaskan, uji sinyal menggunakan peralatan dan metode standar yang diakui secara regulasi, untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui pada pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service), dan data (internet dan BlackBerry).

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 600 juta menit, sementara untuk trafik SMS adalah 660 juta SMS, dan trafik data sebesar 52 terabytes.

"Sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2012 diperkirakan terjadi lonjakan trafik hingga 20-30 persen dari trafik normal sehari-hari," ujar Hasnul.

Hasnul menambahkan, jaringan XL didukung oleh teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional.

Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

Sedangkan untuk layanan BlackBerry, XL juga meningkatkan kapasitas bandwidthsecara langsung ke RIM menjadi 6 Gbps untuk menjamin kenyamanan pelanggan.

Koneksi ke RIM ini melalui 2 penyedia layanan infrastruktur yang berbeda (dual carrier partner).

"Adapun saat ini XL juga memiliki bandwidth internet ke international dengan kapasitas 7 Gpbs yang bisa di upgrade setiap saat, untuk berbagai macam keperluan layanan internet XL baik pelanggan corporate maupun pelanggan regular," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan akses internet dan data, XL menyediakan layanan HotRod 3G+ dengan berbagai pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Hingga kini, sebanyak 22 area di Jakarta, Medan, Bekasi, Depok, Tangerang, Surabaya, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Serang, Bogor.

Selanjutnya Makasar, mataram, Batam, Pekanbaru, Lampung, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Solo dan Banjarmasin kota yang terlayani oleh HodRod 3G.

Dengan melayani lebih dari 46 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 30.000 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G).
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga