Kamis, 28 Agustus 2014

Harga kebutuhan masyarakat jelang puasa mulai naik

Sabtu, 7 Juli 2012 10:09 WIB | 1.826 Views
Palu (ANTARA News) - Harga sejumlah kebutuhan masyarakat di pasar-pasar di Kota Palu menjelang puasa mulai bergerak naik.

Pantauan di pasar Masomba, Sabtu, beras kualitas terbaik yang sebelumnya dijual pedagang Rp380 ribu per karung (50kg), kini naik menjadi Rp395 ribu.

Begitu pula minyak goreng Bimoli yang sebelumnya dijual Rp13 ribu per kilogram, naik menjadi Rp14 ribu, gula pasir dari Rp11 ribu, menjadi Rp14 ribu per kilogram dan telur ayam ras dari Rp30 ribu per rak, naik menjadi Rp32 ribu.

Para pedagang mengatakan, kenaikkan harga disebabkan harga di tingkat produsen naik.

"Kami hanya menyesuaikan saja. Harga distributor naik, otomatis pengecer juga ikut menaikan," kata Ny Nunung, seorang pedagang di pasar Masomba.

Ia mengatakan stok berbagai kebutuhan masyarakat di pasar cukup memadai karena suplai dari produsen dan distributor lancar.

Kepala Bidang administrasi Pemkot Palu Taming Tombolotutu memenarkan beberapa kebutuhan di pasar mulai naik, tetapi masih wajar.

Menurut dia, sudah menjadi kebiasaan setiap menjelang puasa dan Lebaran, Natal dan Tahun Baru harga kebutuhan masyarakat dipastikan naik.

Kenaikkan selain dipicu meningkatnya kebutuhan masyarakat, juga harga di tingkat produsen dan distributor naik.

"Soal stok kebutuhan masyarakat, terutama beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu dan telur ayam dijamin mencukupi kebutuhan," katanya. (BK03)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga