Jumat, 19 Desember 2014

AFC Tegur PSSI soal ulah penonton

| 4.022 Views
id Timnas, AFC, Piala Asia U-22, AFC U-22, insiden pelemparan botol oleh penonton, ulah penonton laga Indonesia-Australia, Sekjen PSSI Tri Goestoro
AFC Tegur PSSI soal ulah penonton
Pesepakbola Tim Nasional Indonesia U-22 berpose usai mengikuti sesi latihan sebelum bertanding dalam laga kualifikasi grup E Piala Asia (AFC) di Pekanbaru, Riau, Jumat (6/7). Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Tim Sepakbola Timor Leste pada hari Sabtu (7/7) di Stadion Utama Riau. (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)
Sudah ada teguran resmi dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia). Makanya kami imbau penonton untuk jadi tuan rumah yang baik."
Jakarta (ANTARA News) - AFC memberikan teguran secara resmi kepada PSSI mengenai insiden pelemparan botol-botol air mineral ke lapangan oleh penonton pada pertandingan Grup E Piala Asia U-22 antara Indonesia dan Australia di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Kamis (5/7) malam.

"Sudah ada teguran resmi dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia). Makanya kami imbau penonton untuk jadi tuan rumah yang baik," kata Sekjen PSSI Tri Goestoro seperti dilansir situs resmi PSSI.

Pertandingan antara Indonesia versus Australia di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Kamis (5/7) malam berlangsung agak panas sejak menit awal. Sekitar 38.000 penonton yang menyaksikan pertandingan terus memberikan dukungan kepada Andik Vermansyah dan kawan-kawan.

Yel-yel dukungan penonton terus berlanjut sampai terciptanya gol menit akhir babak pertama. Setelah gol tercipta, dukungan penonton mulai memanas. Di babak kedua, beberapa pelanggaran keras yang dilakukan pemain Australia, mulai memancing emosi penonton.

Berdasarkan laporan itu, Sepuluh menit menjelang pertandingan berakhir, amarah penonton makin terpancing karena ulah pemain Australia yang melakukan provokasi. Beberapa botol air mineral yang sempat jatuh di pinggir lapangan, dilempar kembali oleh pemain Australia ke arah penonton. Kemungkin maksudnya ingin membuang botol air mineral tersebut ke arah luar lapangan.

Karena kejadian itu, penonton malah terprovokasi penonton, sehingga lima menit menjelang babak kedua usai, berterbanganlah botol-botol kosong air mineral ke arah lapangan.

Tetapi insiden kecil ini tidak mengganggu jalannya pertandingan hingga peluit panjang dibunyikan.

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin dan Gubernur Riau Rusli Zaenal, sempat berdiri beberapa saat di pinggir lapangan menunggu redanya situasi.

"Apapun alasannya, penonton tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang oleh aturan. Apalagi melempar sesuatu ke arah lapangan. Yang rugi kita sendiri," tukas Tri Goestoro.

Menurut Sekjen PSSI, setelah teguran resmi, AFC bisa membatalkan semua pertandingan, jika masih terulang insiden yang sama.

''Jadi saya imbau penonton untuk menjaga nama baik Pekanbaru, Riau dan reputasi Indonesia di mata internasional. Saya yakin dan percaya, penonton di Pekanbaru sangat menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas," katanya.
(*)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga