Sabtu, 26 Juli 2014

Laporan: 300 ribu warga AS mengidap Chagas

Minggu, 8 Juli 2012 06:29 WIB | 4.014 Views
Washington (ANTARA News) - Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (CDC) Amerika Serikat menyatakan sebanyak 300 ribu warganya mengidap penyakit Chagas.

Dalam Laporan Mortalitas dan Morbiditas mingguan mereka, CDC menyebutkan sebagian besar warga mereka yang mengidap penyakit Chagas adalah imigran dari Amerika Selatan, wilayah endemik penyakit itu.

Menurut CDC, di AS kasus penularan dari ibu melahirkan ke anak baru saja terdokumentasi dan diperkirakan setiap tahun ditemukan 65 sampai 638 kasus Chagas bawaan sejak lahir.

Perkiraan itu berdasarkan tingkat ibu melahirkan di wilayah endemik Chagas dan fakta bahwa sekitar satu sampai lima persen dari kehamilan yang terjadi pada pengidap Chagas menurun pada anak yang dilahirkan.

Penyakit Chagas disebabkan oleh parasit "Trypanosoma cruzi" menular kepada manusia melalui gigitan serangga penghisap darah yang dikenal dengan sebutan "kissing bug".

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), peningkatan temuan kasus Chagas di AS dan beberapa negara lain yang menyebar dari wilayah epidemik awal di Amerika Selatan disebabkan oleh perpindahan penduduk. (SDP51/M016)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga