Selasa, 2 September 2014

Iran tutup Selat Hormuz jika terancam

Minggu, 8 Juli 2012 08:03 WIB | 5.774 Views
Teheran, (ANTARA News) - Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Iran Mayor Jenderal Hassan Firuzabadi mengatakan, Iran akan menutup Selat Hormuz jika terancam, lapor Press TV seperti dikutip Xinhua, Minggu.

Iran tidak memiliki rencana menutup Selat Hormuz yang strategis, tetapi akan menutupnya jika keamanan nasional terancam, kata sang Mayor Jenderal.

"Kami punya rencana untuk menutup Selat Hormuz karena anggota militer harus bersiap untuk semua skenario," kata Firuzabadi Jumat lalu.

Seorang anggota parlemen Iran juga menegaskan bahwa republik Islam akan menutup selat strategis di Teluk Persia tersebut jika sanksi Barat terhadap Iran meningkat.

"Jika kita benar-benar dikenai sanksi-sanksi, kami tidak akan membiarkan setetes minyak pun melalui Selat Hormuz," kata Arsalan Fathipour, kepala Komisi Ekonomi Majlis (parlemen) Iran.

Beberapa pejabat pemerintah dan militer Iran telah mengancam akan menggunakan segala cara, khususnya menutup Selat Hormuz, jika sanksi Barat terhadap kegiatan nuklir kontroversial Teheran menghentikan ekspor Iran dan mengganggu kepentingan Iran.

Januari lalu para menteri luar negeri Uni Eropa menyetujui sanksi baru terhadap Teheran yang mencegah negara-negara anggotanya membeli minyak mentah Iran. Sanksi itu mulai berlaku Minggu.

Selain itu, Amerika Serikat memberlakukan putaran baru sanksi sendiri Juni lalu dengan sasaran lembaga-lembaga keuangan yang membeli minyak Iran. 

(H-AK) 

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga