Surabaya (ANTARA News) - Sejumlah aktivis lingkungan di Kota Surabaya menggelar aksi tebar benih ikan di Sungai Kali Surabaya, Minggu, guna memulihkan ekosistem sungai yang sebelumnya terganggu cemaran limbah industri.

Menurut Koordinator Komunitas Nol Sampah Surabaya, Wawan Some, kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) memperkirakan pencemaran sungai telah mengakibatkan sekitar 892.712 ikan mati.

"Guna penyelamatan ekosistem Kali Surabaya ini, kami melaksanakan penggalangan dana melalui donasi rengkik Kali Surabaya untuk membeli ikan," katanya.

Sumbangan dari upaya penggalangan dana yang sebanyak Rp3.925.000, kata dia, digunakan untuk membeli benih ikan.

"Kami tetap akan melaksanakan penggalangan dana sampai jumlah ikan mencapai 892.712 ekor," ujarnya.

Para pegiat lingkungan membeli benih jenis ikan yang sebelumnya hidup di Kali Surabaya yakni bader, wader, keting dan rengkik.

"Pelepasan bibit ikan juga akan dilakukan di sekitar Rolak Gunungsari, Bambe (Driyorejo Gresik) dan Wringinanom Gresik," katanya.

Saat menebar ikan ke sungai, para aktivis lingkungan juga meminta warga tidak melepas ikan jenis lain seperti nila, mujair, ikan mas atau lele dumbo ke sungai karena justru bisa mengancam kelangsungan hidup ekosistem sungai itu..

(A052)