Sabtu, 1 November 2014

Diaz matangkan persiapan mental

| 3.302 Views
id olimpiade 2012, olimpiade london, menembak, diaz kusumawardhani,
Diaz matangkan persiapan mental
Logo Olimpiade London 2012 (ANTARA News/Istimewa)
Jika ia bagus, tentunya akan menjadi modal untuk Olimpiade Brazil 2016 mendatang

Jakarta (ANTARA News) - PB Perbakin (Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia) tengah mematangkan persiapan mental atlet menembak Diaz Kusumawardhani, asal Jawa Timur, yang mendapatkan kesempatan untuk berlaga di Olimpiade London XXX/2012 pada 27 Juli-12 Agustus mendatang.

"Dengan waktu singkat yang hanya satu bulan ini, pada prinsipnya pola latihan Diaz sudah tidak berubah lagi. Kini kami hanya mengarahkannya pada pematangan mental saja," ujar Wakil Sekjen PB Perbakin Robby Atmadja di Jakarta, Minggu.

Diaz dinyatakan dapat berpartisipasi di Olimpiade setelah KOI (Komite Olimpiade Indonesia) mendapat surat dari International Shooting Sport Federation (ISSF) bahwa cabang menembak Indonesia memperoleh satu "unused quota place" pada nomor 10 meter air rifle putri.

Robby mengatakan, Olimpiade akan dijadikan sebagai batu loncatan untuk menempa pengalaman Diaz berlomba di multievent olahraga dengan level tertinggi di dunia. Setelah itu diharapkan ia dapat berbagi pengalaman dengan petembak muda lainnya di Tanah Air.

Untuk itu, lanjut Robby, PB Perbakin tidak memberikan Diaz target khusus, melainkan mengusahakan agar anak asuhnya yang kini masih berusia 16 tahun itu dapat bermain lepas pada pertandingan nanti, yakni dengan menempa mental bertanding Diaz.

"Diaz masih sangat muda, masih pratama. Ia memang sering ikut kejuaraan intternasional tapi ini pertama kali dia di Olimpiade. Kami ingin membuat dia nyaman supaya pada saat tampil nanti tidak ada beban. Jika ia bagus, tentunya akan menjadi modal untuk Olimpiade Brazil 2016 mendatang," kata Robby.

Saat ini, Diaz tengah menjalani penempaan di daerah Brawijaya Jawa Timur. Diaz baru saja menyerahkan berkasnya untuk ke Olimpiade pada Jumat (6/7) lalu melalui KOI. Direncanakan, Diaz akan ke Jakarta untuk mengikuti pengukuhan dan berlatih di Senayan hingga pemberangkatan. 

 (Ant-329)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga