Sabtu, 25 Oktober 2014

Mendag: jarak harusnya bukan lagi masalah

| 2.252 Views
id asean latin business forum, menteri perdagangan, gita wirjawan, kerja sama perdagangan, indonesia-amerika latin
Mendag: jarak harusnya bukan lagi masalah
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan ASEAN Latin Business Forum 2012 di Jakarta, Senin (9/7). Forum ekonomi yang melibatkan kalangan pemerintah, pengusaha, pelaku ekonomi, dan akademisi dari negara ASEAN dan sejumlah negara di Amerika Latin itu akan berlangsung hingga Selasa (10/7). (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Ini yang akan kita pikirkan, selama ini banyak orang mempermasalahkan jarak antar kedua negara
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan mengatakan masalah konektivitas yang selama ini menjadi kendala seharusnya bisa dipecahkan antara Indonesia dengan negara Amerika Latin untuk memperlancar kerjasama kedua pihak. 

"Ini yang akan kita pikirkan, selama ini banyak orang mempermasalahkan jarak antar kedua negara," kata Gita saat memberikan sambutan dalam acara ASEAN Latin Business Forum 2012 di Jakarta, Senin.

Ia menceritakan saat kunjungannya beberapa waktu lalu, untuk mencapai negara Amerika Latin membutuhkan penerbangan dengan waktu yang cukup lama.  "22 jam sendiri untuk mencapai Amerika dengan pesawat," kata dia. 

Padahal, jika masalah konektivitas bisa dipecahkan bukan hanya berdampak pada negara yang bekerjasama dalam hal perdagangan, tetapi juga berdampak pada banyak negara di dunia. "Dengan kerja sama perdagangan maka harmoni dan kebersamaan bisa diciptakan," kata dia. 

Ia melihat bukan hanya banyak kesamaan antara Amerika Latin dengan Indonesia. Namun yang paling utama adalah rasa saling membutuhkan antar negara.

"Jadi bukan saling subtitusi, bukan hanya masalah meningkatkan PDB, bukan cuma meningkatkan perdagangan, kopi, telenovela, martial art, bola, voley ball tapi jauh dari itu bagaimana kita bisa berkontribusi pada dunia dan lingkungan sekitar," kata dia.

Dari pertemuan ini, kata dia, banyak manfaat yang bisa diambil antara lain menjalin network dengan pengusaha dari Amerika Latin. 

"Kami juga sedang mencari cara untuk memberikan insentif yang cocok untuk Amerika Latin," kata dia.

(tri)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga