Rabu, 20 Agustus 2014

Basket Nigeria pertama kali lolos ke Olimpiade

Senin, 9 Juli 2012 15:05 WIB | 4.802 Views
Basket Nigeria pertama kali lolos ke Olimpiade
Olimpiade London 2012 (ist)
Caracas (ANTARA News) - Tim basket putra Nigeria akan mengawali debut mereka di pentas Olimpiade di London setelah pada pertandingan penentuan mengalahkan Republik Dominika 88-73 pada kualifikasi Olimpiade 2012 di Caracas, Minggu (Senin WIB).

Berada di Venezuela sebagai tim underdog dari 12 peserta yang akan memperebutkan tiga tiket ke London, Nigeria mencatat kemenangan bersejarah dan membuat kejutan dengan mengalahkan Dominika.

Selain negara asal Afrika Barat itu, yang sebelumnya juga membuat kejutan dengan menyingkirkan mantan juara Eropa Yunani di perempat-final untuk mencapai babak empat besar, Rusia dan Lithuania juga sudah lebih dulu memastikan tempat ke Olimpiade London 2012.

Di semifinal, Nigeria dikalahkan Rusia, sementara Dominika dikalahkan Lithuania, sehingga Nigeria harus berhadapan dengan Dominika untuk memperebutkan satu tempat tersisa.

Dengan hasil tersebut, Rusia, Lithuania serta Nigeria akan bergabung dengan AS, Argentina, Spanyol, Perancis, Tunisia, Brazil, Australia dan China yang sudah lebih dulu lolos bersama tuan rumah Inggris.

Ike Diogu, pemain forward Nigeria, tampil sebagai mesin pencetak angka dengan menyumbang 25 angka dan 10 rebound, jauh mengunguli Al Horford, pemain Dominika asal klub NBA Atlanta Hawks yang hanya mencetak 12 angka.

Dominika mampu memperkecil ketinggalan dengan selisih hanya dua angka pada kuarter ketiga, namun Diogu pada akhir-akhir kuarter terakhir berhasil mencetak sepuluh angka secara beruntun sehingga tidak terkejar lagi oleh lawan.

"Saya sangat gembira, kami telah berhasil menuntaskan tugas kami," kata Diogu, pemain veteran yang sudah sepuluh tahun berkiprah di NBA dan pada musim lalu membela San Antonio Spurs.

"Kami sadar bahwa kami akan menghadapi tim tangguh dan kami telah melakukan apa yang harus dilakukan untuk meraih kemenangan," katanya.

Al-Farouq Aminu, pemain asal New Orleans Hornets, menyumbang 14 angka untuk Nigeria yang saat ini bertengger di peringkat 21 dunia.

Skor tertinggi untuk Dominika diraih oleh Yack Martinez dengan 16 angka.

Di Olimpiade 2012 London mendatang, Nigeria dan Lithuania berada di Grup A bersama juara bertahan AS, Argentina, Perancis dan Tunisia.

Sementara Rusia menempati Grup B bersama Spanyol, Brazil, Australia, China dan tuan rumah Inggris.

(A032)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga