Jumat, 22 Agustus 2014

Indonesia - Ceko kembangkan kerjasama tiga sektor

Senin, 9 Juli 2012 17:39 WIB | 2.554 Views
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Republik Ceko sepakat mengembangkan kerjasama pada tiga sektor, dengan harapan akan meningkatkan hubungan ekonomi dan investasi yang saling menguntungkan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan pers di Istana Merdeka Jakarta Senin sore usai melakukan pembicaraan bilateral dengan Presiden Ceko Vaclav Klaus mengatakan, tiga sektor tersebut terdiri dari bidang perdagangan, investasi dan pariwisata; bidang energi dan "green economy"; serta bidang kerjasama industri pertahanan.

"Hubungan antara Indonesia dan Ceko berjalan dengan baik dan terus berkembang, hubungan ekonomi meningkat secara signifikan. Ceko merupakan negara penting di Eropa Tengah dan Eropa Timur. Kami berharap kerjasama perdagangan dan investasi lebih meningkat lagi," kata Presiden Yudhoyono.

Presiden optimistis hubungan kedua negara akan berkembang semakin baik dan mengajak semua sektor terlibat dalam pembangunan konektivitas kedua negara melalui kerjasama antar pemerintah, kerjasama antara dunia usaha, dan kerjasama antarmasyarakat kedua negara.

"Saya juga senang mendengar belian mengunjungi Borobudur dan Prambanan serta melakukan pertemuan bisnis. Beliau kesini membawa delegasi bisnis dan berinteraksi dengan kalangan usaha Indonesia," paparnya.

Sementara itu Presiden Ceko Vaclav Klaus mengatakan pertemuan kedua pemimpin negara memberikan pesan yang jelas kepada masyarakat bahwa kedua negara siap mengembangkan hubungan strategis dan saling menguntungkan.

"Kami tadi berdiskusi mengenai kerjasama energi dan juga pembangunan yang berwawasan lingkungan. Pembicaraan mengenai energi sangat penting," katanya.

Ia menambahkan, Ceko siap meningkatkan kerjasama industri pertahanan dengan Indonesia dan saling menguntungkan kedua negara.

Perdagangan dan investasi

Dalam bagian lain keterangan persnya, saat menjawab pertanyaan wartawan mengenai sektor mana yang dianggap penting oleh Indonesia untuk peningkatan kerjasama dengan Ceko, Presiden Yudhoyono mengatakan bidang perdagangan dan investasi dapat menjadi sektor yang menarik untuk terus didorong pertumbuhannya.

"Saya melihat peluang di bidang investasi dan perdagangan menunjukkan trend yang positif. Salah satu caranya adalah mendorong semakin banyak interaksi antara pelaku dunia usaha dari kedua negara," tegas Presiden.

Selain investasi dan perdagangan, Kepala Negara juga mengatakan sektor industri pertahanan juga memiliki peluang yang cukup baik untuk dikembangkan.

"Kita punya masa lalu ada kerjasama diantara elemen pertahanan dari kedua negara, saya yakin bisa ditingkatkan kerjasamanya," kata Presiden.

Sedangkan Presiden Vaclav mengatakan Ceko siap mengembangkan dan bekerjasama dengan Indonesia dalam industri pertahanan mengingat sejumlah produk pertahanan Ceko sudah dikenal cukup lama di dunia seperti radar, senjata dan angkutan militer.

(P008)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga