Rabu, 1 Oktober 2014

Sakit maag sembuh karena berpuasa

Senin, 9 Juli 2012 19:58 WIB | 4.108 Views
Lebih dari 60 persen pasien sakit maag fungsional dapat sembuh karena berpuasa, dan metabolisme tubuh kembali normal usai berpuasa
Jakarta (ANTARA News) - Sakit maag fungsional dapat disembuhkan dengan menjalani ibadah puasa Ramadhan, kata dokter penyakit dalam dari Divisi Gastroenterologi RSCM-FKUI, Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB.

"Dengan berpuasa tidak makan dan tidak minum selama kurang lebih 14 jam, akan membuat perubahan tingkat asam lambung menjadi berubah," kata Ari pada sebuah simposium di FKUI-RSCM, Jakarta, Senin.

Dia mengungkapkan puasa akan meningkatkan kadar gastrin dan menurunkan kadar asam lambung, karena selama puasa terjadi perubahan metabolisme akibat pembatasan makanan dan minuman.

"Lebih dari 60 persen pasien sakit maag fungsional dapat sembuh karena berpuasa, dan metabolisme tubuh kembali normal usai berpuasa," ujar Ari yang menambahkan bahwa obat maag harus tetap diminum untuk menekan kadar asam lambung.

Ari mengemukakan, sakit maag fungsional dapat sembuh setelah menjalani puasa selama 30 hari karena pola makan saat berpuasa menjadi lebih teratur.

"Otomatis konsumsi rokok, camilan berlemak, dan kopi yang banyak mengandung gas juga berkurang," kata Ari yang menyebut rokok, camilan berlemak, dan kopi sebagai tiga hal yang memicu sakit maag fungsional.

Sakit maag fungsional terjadi akibat makan yang tidak teratur, kebiasaan memakan camilan yang berlemak, terlalu banyak minum kopi atau soda, merokok, serta stress, papar Ari.

(M048)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga