Rabu, 17 September 2014

Pemenang Nobel suarakan pencegahan kanker seviks

Senin, 9 Juli 2012 23:07 WIB | 2.668 Views
Pemenang Nobel suarakan pencegahan kanker seviks
Kanker Serviks (Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Penerima Nobel dalam studi tentang genetik dasar kanker, Harold Varmus, mengemukakan vaksin virus Human papilloma (HPV) seharusnya bisa lebih murah dan terjangkau harganya.

Hal itu dia katakan pada jumpa pers mengenai kedatangan dia untuk mengdiskusikan tentang pentingnya kemajuan penelitian kanker, di FKUI-RSCM, Jakarta, Senin.

"Ini menjadi penting, supaya semua perempuan mampu untuk membeli dan memakai vaksin ini, agar tercegah dari kanker serviks," ujar Varmus yang merupakan direktur dari Intitut Nasional Kanker Amerika Serikat (NCI) .

Varmus mengemukakan bahwa Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (The Global Alliance for Vaccines and Immunisation), merencanakan agar vaksin HPV memiliki harga yang lebih murah sehingga terjangkau oleh semua kalangan.

"Tugas pemerintah Indonesia nantinya adalah melakukan sosialisasi dan distribusi vaksin ini dengan baik, sehingga permasalahan kanker serviks dapat segera diatasi," kata Varmus.

Kanker serviks atau kanker leher rahim, adalah penyebab kematian kedua kaum perempuan di dunia, dan jumlahnya di Indonesia, dinyatakan oleh Varmus masih cukup banyak.

Oleh sebab itu deteksi dini seperti menjalani tes 'papsmear' dan pencegahan melalui penyuntikan vaksin HPV sangat dianjurkan, kata Varmus.

(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga