Nusa Dua (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono membuka Konferensi Tingkat Tinggi Kerja sama Selatan-Selatan di Nusa Dua, Bali, Selasa.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana dan Wakil Gubernur Bali Anak Agung Puspa Yoga serta sejumlah perwakilan dari negara Selatan-selatan.

Wakil Presiden Boediono mengatakan konferensi tingkat tinggi tersebut diharapkan melahirkan berbagai kerjasama salah satunya di bidang pembangunan.

"Indonesia sangat mungkin berbagi pengalaman-pengalaman salah satunya dalam hal pembangunan dan pengentasan kemiskinan," kata Wapres Boediono.

Selain itu, kata dia, Indonesia juga siap berbagi pengalaman dalam hal penanggulangan bencana serta ketahanan pangan dan energi.

Indonesia, tambah Wapres, juga siap berbagi pengalaman dengan negara Selatan-Selatan dalam manajemen konflik dalam negeri dan dalam pembangunan institusi.

Selain itu, kerjasama juga diharapkan menyentuh bidang ekonomi makro dan manajemen.

Boediono juga mengatakan Indonesia selama 40 tahun terakhir mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat baik.

Meskipun mengalami jeda pada saat krisis moneter pada tahun 1998 namun pada saat ini dapat tumbuh kembali di tengah krisis ekonomi dunia.
(W004/Y008)