Jakarta (ANTARA News) - Kerjasama antarnegara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dengan Amerika Latin masih terkendala konektivitas.

"Konektivitas yang sangat minim menghalangi kepentingan kami (negara-negara ASEAN dan Latin) untuk lebih berinteraksi dan berkomunikasi," kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, dalam konferensi pers disela ASEAN-Latin Business Forum 2012 di Jakarta, Selasa.

Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Republik Peru, Jose Luis Silva Martinot, menyepakati pernyataan Gita dengan menekankan arti penting konektivitas bagi regional ASEAN dan Amerika Latin.

"Kami (Peru) telah bekerjasama dengan maskapai penerbangan Korean Air karena konektivitas ke ASEAN menjadi prioritas kami," kata Martinot.

Minot mengharapkan sejumlah maskapai penerbangan dari Indonesia dan ASEAN dapat bekerjasama dengan Peru dan negara-negara Amerika Latin.

Sementara Menteri Ekonomi Meksiko, Bruno Ferrari Garcia de Alba, mengatakan tindak lanjut dari pertemuan ASEAN dan Amerika Latin adalah kunjungan antarpelaku usaha.

(I026)