Kamis, 2 Oktober 2014

"Wang Shixian lebih buruk dibanding tiga rekannya"

Rabu, 11 Juli 2012 07:59 WIB | 8.563 Views
Olimpiade London 2012 (ist)
Kami melakukan analisis spesifik mengenai hasil yang mereka peroleh menghadapi rival-rival kami dan membuat keputusan akhir dengan mengacu pada itu

Beijing (ANTARA News) - Pelatih kepala tim bulu tangkis China Li Yongbo, Selasa (10/7), menjelaskan bahwa juara Asian Games Wang Shixian tidak dimasukkan ke dalam tim Olimpiade London karena rekornya lebih buruk dalam menghadapi pemain-pemain dari negara lain dibandingkan rekan setimnya.
 
Tunggal putri adalah satu-satunya nomor pada cabang bulu tangkis di mana China meloloskan empat pemain, namun menurut aturan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), satu tim hanya boleh mengirim maksimal tiga pemain.
 
Pemain peringkat empat dunia Wang Shixian tidak masuk dalam tim China setelah Li Xuerui menjadi kuda hitam dengan meraih tiket bersama Wang Yihan dan Wang Xin.
 
Setelah tampil kurang konsisten pada paruh kedua 2011, Wang Shixian menempati peringkat tiga dunia pada 3 Mei, batas waktu masa kualifikasi Olimpiade.
 
Sementara Li meraih empat gelar beruntun dan tak terkalahkan dalam 30 pertandingan berturut-turut antara Februari hingga Juni tahun ini. Kurang dari sebulan kemudian, pebulu tangkis berusia 21 tahun itu menggeser Wang Shixian pada 31 Mei.
 
Juara dunia Wang Yihan mengamankan tiket ke Olimpiade dengan memimpin China merebut kembali Piala Uber, Mei lalu.  Peringkat dua dunia Wang Xin juga tampil konsisten pada Piala Uber. Sehingga tiket terakhir akan diperebutkan oleh Wang Shixian atau Li Xuerui.
 
"Kami melakukan analisis spesifik mengenai hasil yang mereka peroleh menghadapi rival-rival kami dan membuat keputusan akhir dengan mengacu pada itu," kata Li Yongbo seperti dikutip Xinhua.
 
Menurut Li, pada satu tahun terakhir Wang Yihan memperoleh 34 kemenangan dan tiga kali kalah menghadapi rival-rival utama, Li Xuerui menempati peringkat kedua dalam daftar tersebut dengan 33 kemenangan dan empat kali kalah, Wang Xin mengumpulkan 28 kemenangan dan tujuh kekalahan sementara Wang Shixian hanya mencatat 17 kemenangan dan 11 kekalahan.
 
"Daftar tersebut sangat meyakinkan bahwa penampilan Wang Shixian relatif lebih buruk dibanding tiga rekan setimnya," kata Li.
 
Li berharap pemain berusia 22 tahun Wang Shixian dapat terus berlatih keras dan berjuang untuk maju ke Olimpiade 2016.
 
Bulu tangkis pada Olimpiade akan dipertandingkan 28 Juli hingga 5 Agustus di Wembley Arena, di barat laut London.
 
Berikut ini susunan tim bulu tangkis China untuk Olimpiade London:
 
Tunggal putra: Lin Dan, Chen Long, Chen Jin
 
Tunggal putri: Wang Yihan, Wang Xin, Li Xuerui
 
Ganda putra: Cai Yun-Fu Haifeng, Chai Biao-Guo Zhendong
 
Ganda putri: Yu Yang-Wang Xiaoli, Tian Qing-Zhao Yunlei
 
Ganda campuran: Zhan Nan-Zhao Yunlei, Xu Chen-Ma Jin

(F005)

Penerjemah: Fitri Supratiwi

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga