Minggu, 26 Oktober 2014

Keraguan kesepakatan Spanyol kirim euro lebih rendah

| 3.796 Views
id kurs mata uang global, utang spanyol, kesepakatan spanyol
Keraguan kesepakatan Spanyol kirim euro lebih rendah
Mata Uang Euro. (Euro/ilustrasi)
New York (ANTARA News) - Kurs mata uang tunggal Eropa jatuh pada Selasa (Rabu pagi WIB), ke terendah baru dua tahun terhadap dolar, karena para pedagang mempertanyakan apakah kesepakatan zona euro terbaru akan menyelesaikan masalah besar utang Spanyol.

Unit bersama zona euro merosot serendah 1,2246 dolar, tingkat terendah sejak 1 Juli 2010, lapor AFP.

Pada pukul 22.30 GMT (Rabu pukul 05.30 WIB) euro telah naik hanya sedikit menjadi 1,2252 dolar.

"Jelas, berita bahwa bank-bank Spanyol bisa memiliki akses terhadap 30 miliar euro pada akhir Juli jika diperlukan telah gagal untuk mencegah kekhawatiran seputar prospek sektor perbankan dan utang negara itu," kata analis Rabobank, Jane Foley.

Setelah perundingan maraton di Brussel, para menteri keuangan zona euro sepakat untuk menawarkan Spanyol 30 miliar euro (37 miliar dolar AS) bulan ini untuk membantu ban-banknya yang tertekan.

Mereka juga memperpanjang tenggat waktu bagi Madrid untuk menurunkan defisit publiknya ke batas Uni Eropa 3,0 persen selama satu tahun hingga 2014 karena kondisi ekonomi sulit yang dihadapi Spanyol. Tetapi para pedagang tidak terkesan.

"Para menteri keuangan zona euro telah menyetujui paket bantuan 30 miliar euro yang dapat dibuat untuk Spanyol pada akhir bulan, dan sebagai tanggapan, atas imbal hasil obligasi jangka panjang dan jangka pendek Spanyol yang telah jatuh kembali," kata analis mata uang DailyFX, Christopher Vecchio.

"Namun, dengan ketidakpastian terus-menerus -- berapa banyak lagi dana talangan yang Spanyol akan butuhkan? -- Euro telah jatuh di seluruh papan."

Banyak investor tetap sangat skeptis bahwa para pembuat kebijakan Eropa dapat mengatasi masalah utang di kawasan ini yang telah berjalan lama.

"Investor tidak yakin, sekali lagi, bahwa para pembuat kebijakan bisa datang dengan solusi berkelanjutan atas krisis utang dan krisis perbankan zona euro," tambah ekonom VTB Capital Neil MacKinnon.

Pound jatuh 0,06 persen menjadi 1,5517 dolar.

Dolar jatuh lebih dari 0,2 persen menjadi 79,39 yen dan hampir tidak berubah terhadap mata uang Swiss di 0,9802 franc. (A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga