Sabtu, 30 Agustus 2014

"Pemerintah harus dorong hilirisasi produk sawit"

Rabu, 11 Juli 2012 11:10 WIB | 4.845 Views
Kurtubi (ANTARA/ Ujang Zaelani)
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat minyak, Kurtubi, mengatakan pemerintah harus segera mendorong hilirisasi produk sawit untuk mengantisipasi semakin anjloknya harga produk tersebut yang disebabkan penurunan harga minyak dunia.

"Pemerintah sejauh ini memang sudah melakukan hilirisasi produk sawit namun belum terlalu optimal, oleh karena itu perlu di dorong lagi. Tanpa hilirisasi kita akan bergantung pada ekspor minyak mentah sawit, yang harganya biasanya ikut turun apabila harga minyak mentah dunia turun," kata Kurtubi kepada ANTARA saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan hilirisasi dapat dilakukan dengan mengolah minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) di dalam negeri, serta menciptakan diversifikasi produk dan pemasaran.

"Pemerintah bisa mendorong industri untuk mengolah CPO menjadi produk yang memiliki nilai tambah misalnya diolah menjadi produk makanan, atau produk kimia seperti alat kecantikan. Pengolahannya juga harus dilakukan di dalam negeri," kata dia.

Kurtubi menjelaskan, penurunan harga minyak mentah dunia akan berdampak pada minimnya permintaan terhadap bio diesel. Akibatnya menurut dia, permintaan CPO sebagai bahan baku bio diesel juga akan menurun.

"Karena permintaan menurun maka harga pun ikut turun, penurunan harga CPO juga disebabkan krisis keuangan yang belarut-larut di negara-negara Eropa, yang menyebabkan permintaan CPO dari benua tersebut terganggu." kata dia.

Oleh karena itu dia mengatakan pemerintah harus segera mendorong hilirisasi, untuk mengamankan para pengusaha sawit lokal.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga