Banjarbaru (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Ardiansyah Parman mengatakan, minyak goreng kemasan lebih higienis dan sehat sehingga masyarakat dianjurkan menggunakannya.

"Minyak goreng kemasan jelas lebih higienis dan sehat dibanding minyak goreng curah sehingga harapan kami masyarakat menggunakannya dalam masak memasak sehari-hari," ujarnya di Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan hal itu saat menyosialisasikan minyak goreng "MINYAKITA" yakni minyak goreng kemasan yang dipromosikan Kementerian Perdagangan di Pasar Ulin Raya Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Menurut dia, minyak goreng yang sudah dikemas baik dan rapi bisa dipastikan kebersihan dan kesehatannya sehingga masyarakat jangan ragu menggunakannya untuk kegiatan masak-memasak.

"Dampak positif menggunakan minyak goreng kemasan "MINYAKITA", konsumen dapat lebih terlindungi hak-haknya karena kemasannya dilengkapi label dan tanda kadaluarsa," katanya.

Dijelaskan, "MINYAKITA" merupakan minyak goreng kemasan sederhana milik pemerintah yang diciptakan untuk mengalihkan konsumsi masyarakat dari minyak goreng curah ke minyak goreng kemasan.

Dia mengharapkan, penggunaan "MINYAKITA" membantu menstabilkan harga minyak goreng di pasaran apalagi harganya jauh lebih stabil dibanding minyak goreng curah yang masih banyak beredar di pasaran.

Sekjen Kemendag dalam kegiatan yang dihadiri Pelaksana Tugas Sekdaprov Kalsel Muhammad Arsyadi dan Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor secara simbolis menyerahkan bantuan gerobak gorengan kepada pedagang.

"Harapan kami, ke depan masyarakat maupun pedagang dan kalangan lain yang menggunakan minyak goreng lebih memilih menggunakan minyak goreng kemasan "MINYAKITA" dalam menjalankan usahanya," ujar dia.

Selain di Pasar Ulin Raya di Jalan Ahmad Yani Km 22 Banjarbaru, sosialisasi "MINYAKITA" juga serentak dilakukan pada dua pasar lainnya di Kota Banjarmasin yakni Pasar Antasari dan Pasar Teluk Dalam.

Sosialisasi di Kota Banjarmasin ibukota Provinsi Kalimantan Selatan merupakan kota ke-3 sekaligus kota terakhir pelaksanaan sosialisasi dan promosi "MINYAKITA" pada 2012 yang dilakukan Kementerian Perdagangan.

Saat ini, pemerintah tengah gencar menyosialisasikan "MINYAKITA" ke seluruh lapisan masyarakat dengan tujuan menyediakan minyak goreng yang higienis dengan harga yang terjangkau bagi rakyat Indonesia.

(KR-SYO)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012