Jumat, 29 Agustus 2014

Rio Haryanto jalani uji coba Formula 1

Rabu, 11 Juli 2012 18:09 WIB | 3.708 Views
Rio Haryanto jalani uji coba Formula 1
Rio Haryanto (ANTARA/Andika Wahyu)
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, bersama rekan setimnya di Marussia Carlin, Max Chilton, dijadwalkan menjalani uji coba Formula atau F1 "Young Driver Test" di Sirkuit Silverstone, Inggris, 12--13 Juli 2012.

Juru bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay dalam surat elektronik yang diterima ANTARA, Rabu petang, menyebutkan kedua pebalap tersebut menhadi bagian dari "Marussia Carlin Team Young Driver Programme" dan mereka sebelumnya sempat mendapat sesi uji coba F1.

Rio Haryanto, kata dia, sempat mengendarai mobil F1 selama setengah hari dalam testing di Abu Dhabi, 2010.

Masing-masing akan memperoleh sesi testing satu hari penuh menggunakan mobil 2012MR601 yang dibagi dalam jadwal dua hari. Pada hari pertama, di Sirkuit Grand Prix, Max dijadwalkan akan melakukan testing sesi pagi hari, sedangkan Rio siang harinya.

Kemudian, pada hari kedua yang dilangsungkan di sirkuit internasional, Rio melakukan testing pagi hari, sedangkan Max Chilton siang harinya.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) selaku pendukung utama Rio Haryanto, Ali Mundakir, mengatakan bahwa Pertamina telah berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya prestasi terbaik bagi Rio Haryanto, tidak hanya di GP2 Series, tetapi juga di F1.

Program F! "Young Driver Test" bersama tim Marussia F1 ini, menurut dia, merupakan kesempatan terbaik yang dapat dimanfaatkan Rio untuk menorehkan sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang berkompetisi di ajang motorsport tertinggi dunia.

Berdasarkan penampilan positif di GP2 Series ini, tim Marussia sangat antusias memberikan kesempatan sangat berharga kepada kedua pebalap guna mengevaluasi lebih jauh potensi perkembangan mereka untuk mencapai jenjang kompetisi motorsport tertinggi.

Prinsipal Marussia F1 Team, John Booth, mengatakan bahwa timnya sangat senang dapat memberikan kesempatan Rio dan Max menguji mobil F1 guna membuktikan potensi mereka lebih jauh. Rio telah bekerja sama dengan tim sejak 2010, saat pertama kali membalap di GP3.

Berkaitan dengan program yang akan dijalankan kedua pebalap tersebut, kata dia, mereka akan mendapatkan akses data dari balapan British Grand Prix yang baru berakhir pekan lalu dan dapat mereka gunakan sebagai acuan untuk melakukan set-up dasar dalam program mereka.

Rio Haryanto mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Marussia F1 yang telah memberikan kesempatan ini dan kepada Pertamina yang telah mewujudkan hal ini.

Setelah bekerja sama dengan tim Marussia sejak tiga tahun terakhir, kata dia, dirinya merasakan sudah menjadi bagian dari tim dan dirinya juga menyadari bahwa terus memantau setiap kegiatan balapan selama ini dengan penus antusias.

Menurut pebalap berusia 19 tahun ini, tim telah memberi kesempatan uji coba F1 pertama pada 2010 di Abu Dhabi. "Namun, sekarang ini saya dalam kondisi lebih siap dari segi teknis dan kebugaran," katanya.

Dengan keterbatasan sesi uji coba F1 ini, lanjut dia, setiap kesempatan yang bisa didapatkan oleh pebalap muda tentu sangat berharga bagi karier balapnya.

"Saya sangat menunggu sesi ini dan tentunya seluruh pendukung saya di Tanah Air," katanya.

(H015/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga