Kamis, 23 Oktober 2014

Duta Seni Indonesia raih prestasi di Spanyol

| 5.286 Views
id duta seni indonesia, festival lloret de mar, the best performance, swasna nusantara
Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Duta Seni Indonesia yang diwakilil oleh Sanggar Tari "Swarna Nusantara" mendapat penghargaan sebagai "The Best Performance" pada festival di Lloret de Mar, Barcelona, Spanyol, yang diselenggarakan pada 25 Juni - 30 Juni 2012.

Siaran pers Humas Sanggar Tari "Swarna Nusantara" yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan keikutsertaan kontingen duta seni Indonesia ini mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rombongan tim ini yang dipimpin Dina Bayundani berjumlah 16 orang terdiri atas 13 siswi penari dan tiga orang siswa pemusik dari SMP Labschool Kebayoran, SMP Annisa Tangerang Selatan, dan SMA Labschool Kebayoran.

Peserta festival berasal dari Italia, Turki, Lithuania, Serbia, Bosnia, Brusnik, Georgia, Ukraina, Bulgaria, Indonesia, Slovenia, Polandia, Spanyol dan Irlandia.

Dalam festival tersebut Indonesia menampilkan Tari Saman, Tari Piring, dan Tari Batak serta penampilan perkusi tradisional yang terdiri atas rangkaian rebana, gendang Makassar, Talempong, dan gendang Dog Dog.

Sambutan penonton sangat meriah ketika kontingen Indonesia tampil di panggung festival.

Kontingen duta seni Indonesia ke Spanyol dilepas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh pada 19 Juni di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Kontingen diterima oleh Duta Besar RI untuk Spanyol Adiyatwidi Adiwoso Asmady di Madrid pada 23 Juni dan rombongan menginap di KBRI Madrid sebelum pergi ke lokasi Festival di Barcelona.

Atas prestasi dari kontingen Indonesia, Dubes RI memberikan penghargaan kepada seluruh anggota kontingen.

Mendikbud juga merencanakan memberikan penghargaan khusus kepada mereka yang telah memberikan penampilan terbaiknya dan turut mengharumkan nama Indonesia di pentas Folklore Festival di Spanyol.

Kontingen ini kembali ke Jakarta pada Kamis (5/7).

(M016)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga