Jumat, 24 Oktober 2014

Dahlan : intervensi penyebab BUMN tidak maju

| 4.462 Views
id kinerja bumn, intervensi bumn, kemajuan bumn, menteri bumn, dahlan iskan
Dahlan : intervensi penyebab BUMN tidak maju
Menteri BUMN Dahlan Iskan (FOTO ANTARA)
Intervensi penyebab utama tidak majunya BUMN,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan sekitar 80 persen penyebab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak maju dan berkembang karena adanya intervensi.

"Intervensi penyebab utama tidak majunya BUMN," kata Dahlan Iskan saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Menurut Dahlan, intervensi itu membuat jajaran direksi BUMN tidak kompak sehingga merugikan BUMN tersebut. Oleh sebab itu, bila ada seseorang yang berkeinginan menjadi pemimpin BUMN, maka disarankan untuk mundur.

"Saya sarankan, Anda tidak menjadi dirut BUMN. Intervensi membuat perkelahian sangat luar biasa," tuturnya.

Guna meminimalisasi adanya intervensi, ia menghendaki terciptanya tim impian (dream team). Dalam hal ini, pemerintah hanya memilih direktur utama, selanjutnya direktur utama yang mengusulkan kepada pemerintah nama-nama jajaran direksi lainnya.

"Usulan ini akan dikaji di Kementerian BUMN dan bebas dari administrasi. Oleh sebab itu, kami akan buktikan apakah mereka kompak atau tidak," urainya.

Ia mencontohkan sewaktu diminta untuk menjadi pemimpin PT PLN Persero, ia menghendaki jajaran direksi lainnya dipilih sendiri. Tujuannya agar dapat bekerja dengan maksimal dan optimal.

"Karena kalau direksinya dipilih oleh orang lain, akan susah sekali menjalankan perusahaan. Karena tidak satu kepala," ungkapnya.
(KR-SSB/B008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga