Kamis, 31 Juli 2014

Pertemuan Mesir-Arab Saudi perkuat hubungan ekonomi

Kamis, 12 Juli 2012 01:14 WIB | 4.420 Views
Pertemuan Mesir-Arab Saudi perkuat hubungan ekonomi
Presiden Mesir Muhammad Mursi (REUTERS/Stringer)
Kairo (ANTARA News) - Presiden Mesir Mohamed Moursi pada Rabu memulai kunjungan pertamanya ke Arab Saudi atas undangan Raja Abdullah Bin Abdul Aziz.

"Pertemuan puncak kedua Kepala Negara akan memfokuskan pembicaraan pada masalah hubungan bilateral, khususnya memperkuat kerja sama ekonomi," kata Juru Bicara Presiden Mesir, Yasser Aly, di Kairo sesaat menjelang keberangkatan Moursi ke Arab Saudi, Rabu petang.

Ini merupakan lawatan pertama Moursi ke luar negeri sejak tokoh Ikhwanul Muslimin itu dilantik sebagai presiden pada 30 Juni lalu.

Arab Saudi merupakan mitra strategis Mesir dalam kerja sama ekonomi yang setiap tahun mencapai lima miliar dolar AS, demikian Badan Statistik Mesir melaporkan.

Pada Mei lalu, Arab Saudi mencairkan bantuan 500 juta dolar AS dalam paket bantuan sebesar dua miliar dolar untuk dukungan pemulihan ekonomi Mesir.

Raja Arab Saudi pada Rabu malam menyelenggarakan jamuan makan malam kepada Moursi di Istana Assalam di Makkah.

Menurut kantor berita Mesir, MENA, jamuan makan kepada tamu asing itu baru pertama kali dilakukan sejak Raja Abdullah kembali berobat dari AS satu setengah tahun lalu.

Dalam lawatan dua hari tersebut, selain pertemuan dengan Raja Abdullah dan pejabat terkait Arab Saudi, Presiden Moursi juga dijadwalkan bertemu dengan pengusaha setempat.

Selain itu, Moursi juga bertemu dengan masyarakat Mesir di negara kaya minyak tersebut.

Arab Saudi menempati urutan pertama negara yang menampung pekerja Mesir mencapai 1,6 juta orang.

Selain itu, warga Mesir di Arab Saudi juga menempati urutan teratas dalam jumlah pengguna hak suara di luar negeri dalam pemilihan presiden pada Juni lalu, yang tercatat 90 persen mereka memilih Moursi.

Disebutkan, di sela kunjungan itu, Presiden Moursi akan melaksanakan ibadah umrah dan berziarah ke Makam Nabi di Madinah.
(M043/M014)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga