Sabtu, 25 Oktober 2014

Dolar menguat setelah risalah pertemuan Fed dipublikasikan

| 2.912 Views
id mata uang dolar as, mata uang euro, dolar menguat, pasar terbuka federal as
Dolar menguat setelah risalah pertemuan Fed dipublikasikan
ilustrasi Petugas menghitung mata uang dolar AS di Mandiri Cash Center di Plaza Mandiri, Jakarta.(ANTARA/Rosa Panggabean)
New York (ANTARA News) - Kurs dolar menguat terhadap euro pada Rabu (Kamis pagi WIB), setelah risalah pertemuan kebijakan Federal Reserve terakhir menunjukkan bank sentral sedang mempertimbangkan stimulus ekonomi.

Beberapa pejabat di pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 19--20 Juni mendesak Fed untuk melihat pada alat-alat baru untuk meningkatkan sistem keuangan di tengah lemahnya pemulihan, menurut risalah yang dirilis pada 18.00 GMT (Kamis 01.00 WIB).

Euro diperdagangkan pada 1,2238 dolar sekitar 21.00 GMT (Kamis pukul 04.00 WIB), turun dari 1,2251 dolar pada saat yang sama Selasa. Sekitar setengah jam setelah risalah FOMC telah diterbitkan, mata uang Eropa merosot menjadi 1,2210 dolar, tingkat terendah sejak 1 Juli 2010.

Terhadap mata uang Jepang, euro naik menjadi 97,58 yen dari 97,26 yen pada Selasa malam.

Dolar naik tipis menjadi 79,74 yen dari 79,41 yen.

Menurut risalah pertemuan FOMC 19-20 Juni, "beberapa peserta berkomentar bahwa mereka berkeinginan untuk mengeksplorasi kemungkinan mengembangkan alat baru untuk meningkatkan kondisi keuangan yang lebih akomodatif dan sehingga mendukung pemulihan ekonomi lebih kuat."

Adrian Robles di DailyFX mengatakan, rally dolar "datang karena beberapa kejutan yang diberikan bahwa risalah tidak menawarkan informasi baru."

"Ini menunjukkan pasar sedang mengharapkan kemajuan lebih lanjut terhadap penerimaan dan pelaksanaan stimulus tambahan. Kenaiakan dolar AS dengan tiba-tiba menunjukkan bahwa pedagang saat ini lebih peduli tentang stabilitas mata uang daripada pertumbuhan ekonomi yang ditekankan negara," katanya.

"Masalah sebenarnya adalah zona euro di ambang kebubaran," kata David Gilmore di Foreign Exchange Analytics.

"Sistem perbankan adalah sebuah lelucon di sana," katanya. "Apa yang KTT Uni Eropa capai? Anda tidak akan tahu melihat hasil Spanyol bahwa hal itu pernah terjadi."

Dolar menguat terhadap mata uang Swiss menjadi 0,9811 franc dari 0,9801 franc akhir Selasa.

Greenback juga menguat terhadap pound Inggris, yang diperdagangkan di 1,5503 dolar dibandingkan dengan 1,5514 dolar sehari sebelumnya, demikian AFP.
(A026)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga