Selasa, 2 September 2014

Suriah pecat dubesnya di Irak karena membelot

Kamis, 12 Juli 2012 16:39 WIB | 4.370 Views
Suriah pecat dubesnya di Irak karena membelot
Konflik bersenjata di Suriah membuat banyak warga sipil terbunuh, memicu banyak unjuk rasa menentang Presiden Bashar Al Assad yang berkuasa.(REUTERS/Bazuki Muhammad)
Damaskus (ANTARA News) - Duta Besar Suriah untuk Irak Nawaf al-Fares, yang mengumumkan pembelotannya pada oposisi, telah dipecat.

"Kementerian Luar Negeri mengumumkan Nawaf al-Fares sudah dipecat dan tidak punya hubungan dengan kedutaan kami di Baghdad atau dengan Kementerian Luar Negeri," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Suriah, Kamis.

Pernyataan resmi yang dikutip AFP itu juga menyebutkan bahwa Nawaf al-Fares harus dihukum dan dikenai tindakan disiplin karena sudah "membuat pernyatan-pernyataan kepada media yang bertentangan dengan tugas dia, yang seharusnya membela sikap negara."

Namun menurut kementerian menyatakan Kedutaan Besar Suriah di Baghdad akan "tetap melakukan kegiatan seperti biasa."

Al-Fares pada Rabu (11/7) menyatakan membelot ke oposisi pemerintah dan mendesak tentara mengikuti langkahnya. Dia merupakan duta besar pertama yang meninggalkan Presiden Bashar al-Assad.

"Saya mengumumkan pembelotan saya dari jabata saya sebagai wakil Republik Arab Suriah di Irak dan penguduran diri saya dari partai Baath yang berkuasa," katanya dalam pesan yang disiarkan di stasiun televisi Al-Jazeera.

"Saya mengimbau seluruh rakyat Suriah yang bebas dan layak, terutama di kalangan militer untuk segera bergabung dengan kelompok revolusi. Arahkan meriam-meriam dan tank-tank anda ke para pejabat dalam pemerintah yang membunuh rakyat itu," katanya.

(H-RN)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga