Minggu, 26 Oktober 2014

Jimly: Saling percaya itu penting dalam Pilkada

| 1.793 Views
id DKPP, Susun, Aturan, Kode Etik, Jimly Asshiddiqie, Pilkada DKI, pilkada dki, pemilukada dki, pemilihan gubernur dki, pilgub dki
Jimly: Saling percaya itu penting dalam Pilkada
Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie (ANTARA)
Jabatan ketua itu harus tanggung jawab, jangan mengelak, jangan menghindar"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengatakan saling percaya dalam penyelenggaraan pemilu itu penting guna menciptakan suasana sehat dan kondusif pada masyarakat.

"Kita harus saling percaya dalam politik yang kita bangun, sesuai aturan, aturan hukum maupun etika. Jangan melanggar etika," ujar dia dalam acara sosialisasi sebuah program DKPP di Jakarta, Kamis.

Dia melanjutkan, adalah sebuah pengalaman penting bisa memastikan penyelenggaraan pemilu dapat berlangsung terpercaya, seperti hanya pengisian pejabat publik yang juga seharusnya bisa dipercaya.

Menurut Jimly, kesalahan yang sifatnya administratif harus menjadi pelajaran berharga untuk tidak diulang di masa berikutnya.

"Jangan terus terjadi seperti ini. Ini merupakan kealpaan petugas, masih kurang memuaskan, jangan saling curiga," kata Jimly.

Ia menambahkan, orang yang sudah bersedia menjadi ketua dari sebuah lembaga harus bisa menegakkan kode etik. 

"Jabatan ketua itu harus tanggung jawab, jangan mengelak, jangan menghindar, agar tercipta pemilihan umum yang bertanggungjawab," kata Jimly lagi.

(tri)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga