La Toussuire, Prancis (ANTARA News) - Pebalap sepeda Prancis Pierre Rolland merebut kemenangan etape ke-11 Tour de France, Kamis, saat pemimpin klasemen Bradley Wiggins dari Inggris Raya mengambil langkah untuk mendekati gelar juara.

Rolland melintasi garis finis sendirian untuk merebut kemenangan keduanya dalam balapan tersebut setahun setelah kemenangan pertamanya di Alpe d`Huez dan memberi timnya, Europcar, kemenangan kedua mereka dalam beberapa hari.

Kelompok pebalap, yang di dalamnya termasuk penyandang kaus kuning Wiggins, melintasi garis finis etape sejauh 148km dari Albertville itu 59 detik kemudian. Di dalam kelompok itu ada juga pebalap Italia Vincenzo Nibali dan pebalap Belgia Jurgen van den Broeck.

Wiggins mendapat perlawanan beberapa kali pada tanjakan 18 kilometer terakhir menuju La Toussuire -- khususnya dari Nibali dan Van den Broeck.

Namun berkat bantuan rekan setimnya di Sky, Chris Froome, pebalap Inggris itu akhirnya dapat menangkis perlawanan mereka dan kemudian menjauhkan juara bertahan Cadel Evans dari Australia.

Evans, juara 2011, kehabisan tenaga pada beberapa kilometer terakhir untuk mencapai finis semenit di belakang Wiggins dan membuat upayanya mempertahankan gelar terancam.

Kemenangan Rolland terjadi sehari setelah rekan setimnya, Thomas Voeckler, merebut kemenangan etape pertama dia tahun ini di Bellegarde-Sur-Valserine.

(I015)