Minggu, 26 Oktober 2014

Anime Festival Asia, dari Singapura ke Indonesia

| 8.621 Views
id cosplay, maid cafe, butler cafe, anime festival asia, anime, anime festival asia indonesia, afa id, moe moe kyun maid, atelier royale butler cafe, ich
Anime Festival Asia, dari Singapura ke Indonesia
Para maid dan butler yang hadir di konferensi pers Anime Festival Asia Indonesia, Jakarta (12/7/2012). Mereka berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Maid and butler cafe ini bisa dikunjungi selama dua hari di AFA Indonesia pada tanggal 1-2 September 2012 di PRJ Hall A, Jakarta International Expo. (ANTARA/Nanien Yuniar)
Jakarta (ANTARA News) - Setiap tahun, ribuan orang Indonesia penyuka anime rela datang ke Singapura demi mendatangi Anime Festival Asia (AFA), acara yang diklaim sebagai ajang anime dan kebudayaan populer Jepang terbesar di Asia Tenggara.

Kini, acara yang tadinya hanya berlangsung di Singapura itu akan diselenggarakan di Indonesia.

"Ada 5.000 orang Indonesia datang ke AFA Singapura," kata Executive Director Sozo salah satu penyelenggara Anime Festival Asia, Shawn Chin, di Jakarta, Kamis (12/7) sore.

AFA menjadi acara tahunan di Singapura sejak 2008. Menurut Shawn, jumlah peminat kebudayaan populer Jepang meningkat dari waktu ke waktu. Di tahun pertama, AFA mendapat 27.000 pengunjung, angka itu meningkat menjadi 82.000 pada 2011. 

Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) akan diselenggarakan pada 1-2 September 2012 di PRJ Hall A, Jakarta International Expo.

Nuansa kental Jepang, khususnya distrik Akihabara yang merupakan 'surga' anime, manga, dan game, akan diusung AFA ID melalui maid and butler cafe yang bertebaran di kota tersebut.

Para pelayan di maid cafe dan butler cafe biasanya mengenakan kostum ala pelayan Eropa. Pengunjung yang datang ke kafe akan disambut oleh pelayan layaknya majikan yang baru pulang ke rumah.

Pada umumnya, para maid dan butler ini berwajah imut dan menarik. Oleh karena itu, ada audisi untuk menjadi bagian dari Moe Moe Kyun Maid & Atelier Royale Butler Cafe di Anime Festival Asia Indonesia.

Selain itu, penggemar anime akan dimanjakan dengan konser Anisong (Anime Song) yang menghadirkan artis-artis Jepang. Salah satunya adalah Ichiro Mizuki, penyanyi yang membawakan lagu serial Kamen Rider, atau yang dikenal di sini sebagai Ksatria Baja Hitam.

Para pecinta cosplay (costume play) pun bisa mengerahkan ide kreatifnya agar menang di kejuaraan cosplay dan menjadi delegasi Indonesia untuk AFA Singapura serta bersaing dengan delegasi dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina pada November mendatang. 

Harga tiket di AFA ID bervariasi, mulai dari 50.000 untuk tiket pameran, hingga paket tiket terusan VIP seharga satu juta rupiah. Tiket bisa diperoleh online di laman resmi Anime Festival Asia Indonesia.

(nan)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga