Kamis, 23 Oktober 2014

Sri Mulyani: perbaiki iklim investasi dengan koordinasi

| 4.541 Views
id sri mulyani
Sri Mulyani: perbaiki iklim investasi dengan koordinasi
Sri Mulyani (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani mengingatkan pentingnya koordinasi antarpembuat kebijakan untuk mendorong iklim investasi di tengah perekonomian dunia yang menghadapi ancaman dampak krisis.

"Ketika lingkungan dunia melemah maka koordinasi antarpembuat kebijakan untuk mendukung pertumbuhan jangka menengah sangatlah penting," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, koordinasi tersebut dibutuhkan saat kondisi ekonomi dunia mengalami krisis serta lingkungan internasional berpengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia.

Ia menambahkan, meskipun Indonesia mampu bertahan dan mengatasi dampak krisis global yang terjadi di Eropa dan Amerika Serikat, namun Indonesia harus mendorong reformasi di berbagai bidang. Indonesia juga harus mendorong investasi untuk mendukung pertumbuhan jangka menengah.

Indonesia dan negara berkembang lainnya, lanjut mantan Menteri Keuangan itu, perlu memiliki jaminan keamanan ekonomi bila terjadi krisis secara tiba-tiba, terutama untuk mengatasi peningkatan pengangguran saat terjadi krisis.

Bank Dunia, kata Sri Mulyani, memandang Indonesia telah membuat kemajuan dalam persiapan menghadapi krisis. Misalnya, adanya perubahan terhadap APBN 2012 yang memberikan fleksibilitas bagi pemerintah untuk menyesuaikan belanja dan pembiayaan guna mengantisipasi dampak krisis.

Lembaga keuangan internasional itu juga menilai Bank Indonesia (BI) semakin tanggap dalam menghadapi krisis melalui langkah-langkah terkait likuiditas.

Menurut Sri Mulyani, negara-negara berkembang menjadi pemain penting dalam mengimplemetasikan pertumbuhan ekonomi global.

Namun, Bank Dunia sendiri memiliki keterbatasan untuk negara yang membutuhkan saat terjadi krisis sehingga lembaga di masing-masing negara seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan mampu memantau secara sistematis dan memberikan penilaian terhadap kesiagaan menghadapi krisis, dan pengelolaan dampak krisis.

(SDP-45)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga