Sabtu, 25 Oktober 2014

Euro jatuh terendah baru dua tahun

| 2.726 Views
id mata uang euro, euro jatuh, perdagangan mata uang
Euro jatuh terendah baru dua tahun
Mata Uang Euro. (Euro/ilustrasi)
New York (ANTARA News) - Kurs euro jatuh di bawah 1,22 dolar untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir pada Kamis (Jumat pagi WIB), terseret turun oleh kekhawatiran utang zona euro dan pelambatan pertumbuhan ekonomi global.

Investor mencari keamanan relatif pada dolar dan yen, kata analis.

Euro diambil 1,2203 dolar sekitar 21.00 GMT (Jumat 04.00 WIB), turun dari 1,2238 dolar pada saat yang sama Rabu.

Sebelumnya pada hari itu, mata uang tunggal Eropa mencapai 1,2167 dolar, tingkat terlemah sejak akhir Juni 2010.

Euro juga melemah terhadap mata uang Jepang, menjadi 96,75 yen dari 97,58 yen akhir Rabu.

Dolar merosot ke 79,28 yen dari 79,74 yen.

"Risiko telah diperdagangkan dengan penurunan bias dalam beberapa hari terakhir karena antusiasme awal untuk KTT Uni Eropa pekan lalu telah berubah menjadi kekhawatiran tentang memburuknya kondisi pertumbuhan global," analis Bank of America Merrill Lynch mengatakan.

Beberapa menunjuk risalah pertemuan kebijakan Federal Reserve AS pada Juni yang dirilis Rabu, mengecewakan dengan tidak memberikan sinyal yang jelas tentang harapan untuk stimulus ekonomi baru.

Vassili Serebriakov, ahli strategi mata uang di Wells Fargo Bank mengatakan, modus menghindari risiko sedang memproduksi keuntungan yang kuat untuk dolar dan yen.

Meskipun ada penurunan suku bunga di Brazil dan Korea Selatan, dan penyesuaian "moderat" sikap kebijakan bank sentral Jepang, "tindakan mereka telah sedikit mendukung sentimen pasar," katanya.

Pasar menunggu data pertumbuhan ekonomi China untuk kuartal kedua pada Jumat, di tengah kekhawatiran bahwa angka-angka mungkin datang secara tidak terduga rendah.

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu tumbuh 8,1 persen secara tahunan dalam kuartal pertama 2012 -- kecepatan yang paling lambat dalam hampir tiga tahun.

Dolar juga menguat terhadap mata uang utama lainnya dibandingkan dengan akhir Rabu, naik menjadi 0,9838 franc Swiss dari 0,9811 franc.

Pound Inggris jatuh menjadi 1,5429 dolar dari 1,5503 dolar, demikian AFP.

(A026)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga