Sabtu, 30 Agustus 2014

Dunia akui keberhasilan program KB Indonesia

Jumat, 13 Juli 2012 10:15 WIB | 6.133 Views
Dunia akui keberhasilan program KB Indonesia
Program KB (FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)
London (ANTARA News) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Republik Indonesia, DR. Agung Laksono, mengatakan dunia mengakui keberhasilan program keluarga berencana (KB) dalam menurunkan angka kelahiran di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menko Agung Laksono kepada ANTARA London, Kamis, usai menghadiri KTT Keluarga Berencana yang diadakan Pemerintah Inggris dan Bill & Melinda Gates Foundation dan UNFPA di Conference Centre Ratu Elizabeth II di Westminster, London.

Pertemuan tingkat tinggi Keluarga Berencana itu dihadiri beberapa kepala negara dan para menteri kesehatan dari seluruh dunia yang merupakan pertemuan internasional pertama dalam pengendalian kelahiran sejak konferensi PBB di Kairo pada tahun 1994.

Menko Agung Laksono mengatakan dalam KTT Keluarga Berencana itu, Indonesia menjadi salah satu dari lima pembicara yang menyampaikan makalahnya.

Dalam KTT Keluarga Berencana, Menko Agung Laksono mengatakan bahwa ia menyampaikan falsafah `gotong royong` yang sangat populer di Indonesia dalam mengatasi kelahiran itu, yang berarti berbagi semua tanggung Jawab masyarakat.

Menurut Menko, gotong royong di Indonesia sejak tahun 1960 an sudah menjadi suatu kekuatan. Pada saat itu tingkat kesuburan di Indonesia cukup tinggi 5,6 kelahiran yang berdampak tidak saja pada keluarga tetapi juga pelayanan publik yang dapat melumpuhkan negara.

Dengan bergotong royong program keluarga berencana di Indonesia berhasil menurunkan tingkat kelahiran menjadi hanya 2,3 kelahiran dari 100 juta kelahiran.

Dikatakannya keberhasilan ini tidak lepas dari adanya partisipasi masyarakat di wilayah pedesaan pada tahun 1970.

Indonesia merekrut pekerja di lapangan sebanyak 40.000 dan 100.000 relawan dalam memberikan pelayanan di klinik yang berada di pedesaan.
(ZG)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga