Rabu, 30 Juli 2014

Ekonomi Indonesia kuat karena pasar domestik sehat

Jumat, 13 Juli 2012 14:55 WIB | 4.102 Views
Ekonomi Indonesia kuat karena pasar domestik sehat
Menteri Keuangan Agus Martowardojo (ANTARA/Dhoni Setiawaned)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan kondisi perekonomian Indonesia dewasa ini kuat karena disangga oleh pasar domestik yang kuat pula.

“Indonesia cukup kuat ekonominya, karena tidak bergantung pada ekspor komoditas, kita punya (pasar) domestik yang sehat, (dan) plan (rencana) investasi yang baik,” ujar Agus saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Pernyataan ini disampaikan Agus dalam kaitannya dengan fluktuasi harga minyak yang disebut banyak kalangan bakal mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Agus justru menilai kondisi global itu tak berpengaruh pada Indonesia.

Bagi negara-negara yang mengandalkan ekspor komoditas, turunnya harga minyak dunia Senin lalu yang diikuti turunnya harga komoditas memang membuat negara-negara prihatin, tapi tidak untuk Indonesia.

Dalam pandangan Agus, justru karena disangga pasar domestik yang sehat maka perekonomian Indonesia tetap kuat, kendati harga komuditas ekspor turun di pasar global.

Namun Agus mendesak semua pihak untuk efisien.  Desakan ini dia sampaikan khususnya kepada Kementerian/Lembaga yang dimintanya menjaga alokasi penyerapan anggaran dan menghindari penyalahgunaan anggaran.

“Kalau sampai direalisasikan jangan sampai kualitas outcome jelek, jangan terjadi mark up atau terjadi penyalahgunaan (anggaran),” kata Agus.

Menkeu menilai pemberitaan media massa tentang penyelewengan anggaran dalam satu tahun terakhir harus menjadi pelajaran untuk memperbaiki sistem keuangan pemerintah.

SDP-52

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga