Rabu, 17 September 2014

Rupiah akhir pekan melemah 16 poin

Jumat, 13 Juli 2012 16:29 WIB | 3.011 Views
Rupiah akhir pekan melemah 16 poin
Seorang petugas menghitung mata uang Rupiah di Kantor BNI Pusat, Jakarta, Selasa (3/5). (ANTARA/Ismar Patrizki)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar uang spot antarbank Jakarta, Jumat, melemah seiring berkembangnya kekhawatiran atas pelemahan ekonomi global.

Rupiah pada Jumat sore ditransaksikan pada 9.470 per dolar AS, melemah 16 poin dibanding sebelumnya di posisi 9.454 per dolar AS.

Pengamat pasar Monex Investindo Futures Johanes Ginting mengatakan, pasar masih cemas terhadap krisis yang terjadi terutama di Eropa mendorong investor menjauhi aset berisiko.

"Rupiah diperdagangkan melemah seiring merebaknya kecemasan tentang pertumbuhan ekonomi global," kata dia.

Ia menambahkan, berkurangnya harapan terhadap adanya penambahan stimulus oleh Federal Reserve AS juga turut menjadi sentimen negatif bafi aset berisiko.

"Pasar yang dipenuhi sentimen negatif kian membebani rupiah terhadap dolar AS," ujar dia.

Ia mengatakan, katalis negatif bagi pasar uang juga datang dari bank sentral eropa (ECB) yang melihat terjadinya pelemahan pertumbuhan dalam blok 17 negara dan meningkatnya ketidakpastian yang menggerus kepercayaan investor.

Meski demikian, lanjut dia, pelemahan nilai tukar dalam negeri itu mungkin hanya bersifat sementara mengingat apresiasi dolar AS yang terlalu masif.

"Selama opsi pelonggaran kuantitatif (quantitative easing/QE) ke-3 masih terbuka, sulit rasanya untuk dapat melihat penguatan dolar AS yang berkelanjutan," kata dia.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada, Jumat (13/7) tercatat mata uang rupiah bergerak melemah menjadi Rp9.480 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.462 per dolar AS.

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga