Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc memang belum merilis iPhone generasi terbaru, namun para penjual online di situs jual beli terbesar China, Taobao, telah mengumumkan menerima pre-order.

"Para penjual di Taobao telah menerima pemesanan untuk iPhone 5," kata laporan Daily Mail.

Dalam beberapa kasus, ada penjual dari grup Alibaba yang meminta uang deposit dari para pembeli sebesar 1000 yuan atau sekitar dua juta rupiah untuk iPhone 5 baru. Ada penjual lain, 'Dahai99888', yang mulai menerima pre-order minggu ini dengan sistem pembayaran penuh dimuka sebesar 6999 yuan atau sekitar 12 juta rupiah.

Rumor yang beredar, iPhone 5 baru dirilis antara Agustus dan Oktober tahun ini dengan layar yang lebih besar dari model sebelumnya. Apple sendiri, masih tutup mulut dan tidak mau mengomentari hal tersebut.

Para penjual Taobao telah mengatakan berencana membeli iPhone 5 dari Hong Kong atau Amerika Serikat lalu membawanya ke China, namun mereka tidak pernah menjajikan waktu pengiriman yang spesifik.

"Permintaan tinggi. Kemarin ada orang yang memesan dua iphone. Seluruhnya kami telah dimintai dua lusin pesanan," kata penjual di Taobao dengan nama panggilan Xiayou.

Sementara itu, para penjual Alibaba.com yang kebanyakan berada di China bagian selatan, mulai menawarkan pelindung keras dan pelindung silikon untuk iPhone 5. Sebagian besar pelindung tersebut memberikan ruang untuk colokan earphone di bawah.

Pada tahun 2011, Alibaba.com pernah melakukan hal yang sama dengan menjual pelindung iPad 2, sebelum Apple merilisnya. Namun, saat itu dengan sangat akurat mereka bisa menerka dengan benar posisi lubang dari kamera belakang iPad2 tersebut.

(lod)