Kamis, 28 Agustus 2014

Kontingen Olimpiade RI gagal naik Garuda, ganti Qatar Airline

Jumat, 13 Juli 2012 19:17 WIB | 2.939 Views
Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Olahraga Indonesia yang akan berangkat ke Olimpiade, London, Inggris yang semula akan naik pesawat Garuda Indonesia akhirnya tidak jadi, kontingen bertolak dengan menggunakan pesawat Qatar Airline.

Sebenarnya kami merasa bangga dengan ikutnya Bambang Pamungkas sebagai pembawa api obor Olimpiade di Inggris, namun batalnya Garuda mengangkut kontingen Indonesia mengakibatkan situasinya kurang nyaman, ungkap Deputi Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Joko Pekik kepada pers di Jakarta, Jumat.

Joko Pekik mengatakan, kontingen Indonesia yang dikirim ke Olimpiade di London terdiri dari 21 atlet dari tujuh cabang olah raga, mulai dari bulutangkis, atletik, angkat besi, panahan, menembak, anggar dan renang.

Kontingen itu akhirnya bertolak ke London, Inggris menggunakan Qatar Airline, tegasnya.

Ia menambahkan, batalnya Garuda memboyong atlet Indonesia ke London, terungkap dalam rapat antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Kontingan Olimpiade Indonesia (KOI), ketika membahas persiapan keberangkatan kontingen.

Awalnya Kemenpora berharap, kontingen Indonesia bisa berangkat ke London menggunakan Garuda.

"Urusan teknis kemudian diserahkan kepada KOI," ungkap Deputi Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

Menurut dia, sampai saat masih belum diketahui, mengapa Atlet Indonesia batal menggunakan Garuda.

Hal tersebut memang tidak dibahas di dalam rapat. "Jadi waktu rapat dengan KOI, tidak dibahas alasan kontingan RI tidak naik Garuda," ungkap Joko.

Sementara itu, Ketua Kontingen Olimpiade Indonesia Rita Subowo menyatakan bahwa atlet Indonesia terpaksa memilih Qatar Air untuk menuju London, karena tidak tercapai titik temu dengan pihak Garuda.

Olimpiade London sendiri memang baru dihelat pada 27 Juli 2012 mendatang. Sejumlah atlet dari berbagai negara akan meramaikan pesta olahraga dunia di negeri Ratu Elisabeth tersebut hingga 12 Agustus 2012.

Nama-nama seperti Taufik Hidayat, Simon Santoso, Adrianti Firdasari, Mohammad Ahsan dan Bona Septano, Greysia Polii dan Meiliana Jauhari, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, Jadi Setiadi, Eko Yuli Irawan, M. Hasbi, Triyatno, Deni, Fernando Lumain, Triyaningsih, dan masih banyak lagi menjadi anggota Kontingen Olympiade Indonesia yang akan berjuang untuk mengharumkan nama bangsa.

Olimpiade sejatinya adalah pesta olahraga dunia yang bisa dimanfaatkan Garuda Indonesia untuk turut mendunia, disamping akan terselip perasaan bangga bagi sejumlah atlet yang terbang bersamanya ke London. Oleh karenanya, Menteri Pemuda dan Olahraga Andy Malarangeng tetap berharap Atlet Indonesia bisa terbang menggunakan Garuda ke London ketimbang menggunakan maskapai lain, imbuh Joko lagi.

"Saya berharap kontingen kita bisa menggunakan Garuda Indonesia. Kalau berangkat dengan maskapai flag carrier, rasanya lebih mantap" ungkap Andi.

Namun Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan kontingen untuk memutuskan apa yang terbaik bagi kepentingan kontingen olimpiade Indonesia. Baginya, yang terpenting tim Indonesia bisa tiba dengan selamat dan tepat pada waktunya, sehingga memiliki waktu untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum bertanding. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Terpopuler