Senin, 28 Juli 2014

Soner bertekad untuk bangkit lagi di Italia

Jumat, 13 Juli 2012 20:39 WIB | 4.009 Views
Soner bertekad untuk bangkit lagi di Italia
Pebalap dari tim Honda Casey Stoner asal Australia (reuters)

Mugello, Italia (ANTARA News) - Juara dunia Casey Stoner bertekad untuk bangkit kembali di Grand Prix Italia Minggu mendatang setelah kecelakaan paling akhir yang terjadi padanya pada akhir pekan lalu di sirkuit Sachsenring, sehingga membuat pukulan keras pada harapnnya untuk dapat mempertahankan gelar juaranya pada akhir musim ini.

Pebalap asal Australia ini mengalami kecelakaan dengan menyisakan dua tikungan pada putaran terakhir di Jerman, dalam balapan yang akhirnya dimenangi rekan satu timnya Dani Pedrosa.

Pebalap yang diuntungkan dari jatuhnya Stoner itu adalah mantan juara sekaligus pebalap Yamaha Jorge Lorenzo yang menjadi juara dua GP Jerman, untuk naik ke peringkat atas klasemen sementara dengan 160 poin.

Pedrosa naik ke posisi dua dengan 146 poin dan Stoner 140 poin. "Saya selalu menyukai sirkuit Mugello, kami senang selalu mendapat hasil yang baik di sana," kata Stoner.

"Tahun lalu tidak berjalan sesuai rencana tetapi kami tahu apa yang menjadi kesalahan kami jadi kami harap tahun ini sedikit lebih bisa bersaing," kata pembalap yang juara tiga tahun lalu.

"Saya sangat menikmati tikungan cepat di sana. Di sana juga terdapat banyak area untuk mempercepat putaran roda dan merubah arah secara cepat. Ini bukan lintasan kecil yang tidak cocok dengan motor ini. Sesungguhnya kita dapat memacu gas penuh di sana," kata Stoner seperti dilansir AFP.

"Setelah kekecewaan di sirkuit Sachsenring, saya ingin kembali mengendarai motor dan mengambil kembali angka di kejuaraan," katanya menambahkan.

Pedrosa yang kini berada di posisi kedua setelah kemenangan pertama kalinya di sirkuit Jerman, baru-baru ini mengumumkan perpanjangan kontraknya selama dua tahun bersama Honda.

Pemimpin kejuaraan Moto2 Marc Marquez akan menjadi rekan tim baru Pedrosa menggantikan Stoner yang tengah beristirahat.

"Sungguh luar biasa berhasil menang di balapan itu (GP Jerman), perasaan saya sangat senang dan setelah itu Honda dan saya sendiri mengumumkan untuk tetap bersama," kata Pedrosa.

"Ini berita baik bagi saya karena saya sudah bertahun-tahun bersama Honda sejak saya memulai karir balapan," kata Pedrosa.

"Saya selalu membela Repsol Honda. Bagi kami ini bagus untuk terus bersama dan kami harap dapat terus berjuang, juga di posisi kedua pada setengah kejuaraan ini," tambahnya.

Ia juga mengatakan, "Ini (sirkuit Mugello) adalah lintasan terbaik bagi kami. Tahun lalu tidak meraih hasil baik karena saya tidak sehat, tetapi dua tahun lalu saya memenangi balapan di sini, jadi saya sedikit percaya diri di sini. Kami harap dapat melakukan pekerjaan yang baik dan akan menjadi balapan yang baik."

Lorenzo, seperti juga Stoner, sempat terjatuh di sirkuit Assen, GP Belanda, seminggu sebelum menang di GP Jerman.

Sirkuit Mugello menjadi kesukaan Lorenzo dimana ia meraih kemenangan di kelas 250cc, dua kali juara dua di kelas primer pada 2009 dan 2010 dan kemenangan pertamanya di kelas primer GP tahun lalu.

"Setelah dua minggu balapan yang sangat sulit akhirnya kita sampai di Mugello, dimana kami meraih kemenangan hebat tahun lalu. Saya sangat mencintai lintasan itu, di sana sangat cepat dan cocok untuk motor kami," kata pembalap Spanyol itu.

"Saya sangat senang memimpin klasemen sementara tetapi kami masih memiliki banyak balapan yang harus dijalani jadi target kami adalah mencapai podium itu lagi dan meraih kemenangan sebisa mungkin," kata Lorenzo.

Klasemen

Berikut klasemen kejuaraan dunia menjelang Grand Prix Italia pada hari Minggu mendatang:

MotoGP
1. Jorge Lorenzo (Spanyol/Yamaha) 160 poin, 2. Dani Pedrosa (Spanyol/Honda) 146, 3. Casey Stoner (Australia/Honda) 140, 4. Andrea Dovizioso (Italia/Yamaha) 92, 5. Cal Crutchlow (Inggris/Yamaha) 85, 6. Valentino Rossi (Italia/Ducati) 71, 7. Alvaro Bautista (Spanyol/Honda) 67, 8. Nicky Hayden (AS/Ducati) 65, 9. Stefan Bradl (Jerman/Honda) 62, 10. Ben Spies (AS/Yamaha) 61

Moto2
1. Marc Marquez (Spanyol/Suter) 152 poin, 2. Pol Espargaro (Spanyol/Kalex) 109, 3. Thomas Luthi (Swiss/Suter) 107, 4. Andrea Iannone (Italia/Speed Up) 104, 5. Scott Redding (Inggris/Kalex) 86


Moto3
1. Sandro Cortese (Jerman/KTM) 148 poin, 2. Maverick Vinales (ESP/FTR Honda) 130, 3. Luis Salom (Spanyol/Kalex KTM) 104, 4. Alexis Masbou (Prancis/Honda) 71, 5. Romano Fenati (Italia/FTR Honda) 65

(A016)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga