Selasa, 2 September 2014

ringo ame, apel 'kaca' yang bisa dimakan

Jumat, 13 Juli 2012 23:17 WIB | 6.523 Views
ringo ame, apel 'kaca' yang bisa dimakan
Ringo ame alias candy apple adalah buah apel yang dilapisi campuran karamel dan gula yang mengeras, membuatnya terlihat seperti apel kaca. (ANTARA /Nanien Yuniar)
Jakarta (ANTARA News) - Ada 'apel kaca' yang bisa dimakan. Walau terlihat seperti dari kaca, apel ini sebenarnya hanya dilapisi karamel dan gula yang mengilap. Namanya Ringo ame, artinya apel manis. 
 
Sumpit panjang ditusukkan ke tengah-tengah apel bagaikan pegangan permen lolipop. Apel itu pun dicelupkan ke larutan karamel dan gula yang diberi pewarna merah alami. Setelah lapisannya mendingin dan mengeras, ringo ame alias candy apple itu siap dinikmati. 
 
Butuh kesabaran untuk bisa mencicipi apel yang dilindungi 'kaca' karamel. Bila sudah berhasil ditembus, sensasi rasanya menjadi campuran kriuk lapisan gula dipadu daging apel yang lembut.

Ringo ame sudah tidak asing lagi di Jepang. Biasanya makanan ini selalu hadir di festival-festival yang diadakan di negeri sakura itu. Di Eropa, candy apple juga diasosiasikan sebagai jajanan yang hadir di karnaval-karnaval.

Namun, di Indonesia, candy apple terbilang masih baru. Sebuah stan ringo ame yang mengklaim dirinya sebagai pionir di Indonesia mengemukakan, ringo ame jualannya hanya bisa ditemukan pada waktu tertentu.

"Ini tidak dijual di toko, hanya ada di acara matsuri (festival kebudayaan Jepang)," kata Ananda Harimas, seorang pegawai stan ringo ame di Gelar Jepang Universitas Indonesia, Jumat siang. 
 
Jajanan yang telah hadir sejak tiga tahun lalu di Indonesia itu banyak digemari perempuan dan anak-anak. Ananda juga mengemukakan, ringo ame laris manis.

"Apelnya pernah habis enam dus dalam sehari," kata dia.

Dibandrol dengan harga rp25.000, jajanan yang bisa tahan seminggu bila disimpan di kulkas itu bisa jadi cara baru untuk menikmati apel.

(nan)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga