Kamis, 30 Oktober 2014

LIPI prediksi Jokowi-Ahok memenangi pemilihan gubernur DKI

| 10.018 Views
id pilkada dki, putaran kedua jokowi-ahok, prediksi lipi
...ada banyak hal yang membuat saya yakin Jokowi akan menang pada putaran kedua nanti, apalagi kalau melihat hasil di putaran pertama."
Jakarta (ANTARA News) - Peneliti asal Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jaleswari Pramodhawardani memprediksi pasangan calon Jokowi-Ahok memenangi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran kedua pada 20 September 2012.

"Menurut saya, ada banyak hal yang membuat saya yakin Jokowi akan menang pada putaran kedua nanti, apalagi kalau melihat hasil di putaran pertama," kata Jaleswari di Jakarta, Jumat.

Jaleswari menilai kemenangan pasangan Jokowi-Ahok pada putaran pertama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012 tidak terlepas dari karakter populis yang terdapat dalam diri Jokowi.

"Jokowi memiliki karakter populis, sedangkan citra yang terkesan muncul dari dalam diri Fauzi Bowo adalah sosok yang arogan," kata Jaleswari.

Menurut Jaleswari, pada putaran kedua Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta September mendatang, pasangan Foke-Nara harus mampu mengubah pola strategi kampanye untuk menarik perhatian warga Jakarta lebih banyak.

Jaleswari mengungkapkan Jokowi berhasil mengundang simpati warga DKI Jakarta melalui cara penuturan yang sederhana.

"Contohnya, dalam menguraikan isu kemacetan. Foke cenderung menggunakan pilihan kata yang tematik. Namun, tidak bisa menginterpretasikan dengan mudah sehingga masyarakat bawah kurang simpatik. Ini berbeda dengan cara penuturan Jokowi," ujar Jaleswari.

Jaleswari mengatakan bahwa Jokowi memiliki kejelian dalam menentukan setiap kata atau isu yang dia terjemahkan dengan bahasa-bahasa yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat Jakarta.  (R027/D007)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga