Selasa, 21 Oktober 2014

Pemkab Flores tTmur tertibkan usaha mutiara asing

| 2.909 Views
id kabupaten flores timur, usaha mutiara PMA, mutiara flores
Kupang (ANTARA News) - Bupati Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Yoseph Lagadoni Herin, mengatakan, pemerintah segera menertibkan semua usaha budi daya mutiara di wilayah perairan wilayah itu yang dilakukan perusahan penanaman modal asing (PMA).

Penertiban itu terutama yang berhubungan dengan pemanfaatan areal usaha di wilayah Perairan Flores Timur, apakah sudah sesuai dengan izin yang diberikan pemerintah atau ada perluasan areal usaha tanpa izin yang dilakukan pihak perusahan," kata Lagadoni Herin, di Kupang, Sabtu, terkait keluhan para nelayan di wilayah paling ujung Timur Pulau Flores itu.

"Saya sudah minta kepada dinas teknis untuk melihat kembali titik koordinat. Kalau sudah tidak sesuai dengan izin, maka harus segera ditertibkan," kata Lagadoni Herin terkait keluhan para nelayan yang merasa areal pencarian ikan semakin sempit karena usaha mutiara.

Para nelayan di Flores Timur mengeluh karena hasil tangkapan mereka mengalami penurunan dratis selama kurang lebih satu tahun terakhir ini karena wilayah tangkapan mereka semakin sempit, sebagai akibat dari adanya pengkamplingan laut oleh usaha budidaya mutiara di daerah itu.

Bahkan para nelayan yang bermukim tidak jauh dari lokasi budidaya mutiara, tidak bisa leluasa dalam melakukan aktifitas penangkapan ikan di wilayah perairan sekitar karena ada perluasan areal usaha mutiara yang diduga dilakukan secara ilegal.

Dia mengatakan, jika ditemukan ada perluasan areal usaha yang dilakukan secara ilegal dan sudah tidak sesuai dengan luasan yang tercantum dalam izin usaha maka akan dilakukan penertiban.

(B017)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga