Sabtu, 1 November 2014

Tentara Israel tembak aktivis Palestina

| 4.103 Views
id tentara israel, kekerasan israel, aktivis palestina, penembakan aktivis palestina
Tentara Israel tembak aktivis Palestina
Pengunjuk rasa Palestina yang menggunakan topeng melemparkan batu ke arah tentara Israel, saat terjadi bentrok dalam protes menentang pemukiman Yahudi Kdumim, di kota Tepi Barat, Kfar Kadum, dekat Nablus, 15 Juni lalu. (REUTERS/Mohamad Torokman)
Gaza (ANTARA News) - Tentara Israel di daerah yang berbatasan dengan Jalur Gaza bagian utara menembak mati seorang aktivis Palestina pada Jumat.

Radio Israel mengutip seorang juru bicara militer yang mengatakan, tentara menembak aktivis Palestina itu ketika ia mencoba menyeberangi perbatasan dan menanam sebuah bom di pagar.

Sementara Juru Bicara Kementerian Kesehatan Hamas di Gaza, Ashraf Al-Qedra, mengatakan kepada Xinhua bahwa Israel memberitahu Komite Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross/ICRC) tentang kematian aktivis itu dan lokasi jenazahnya.

"Kementerian berkoordinasi dengan Palang Merah, yang berkoordinasi dengan pihak Israel untuk memungkinkan ambulans Palestina menjangkau daerah tersebut dan mengambil jenazah itu," kata al-Qedra.

Israel membangun zona larangan pergi pada radius 300 kilometer di sepanjang perbatasan antara Jalur Gaza dan negara Yahudi itu. Tentara Israel akan segera menembak siapapun yang mencoba melanggar zona itu.

Ketegangan antara Israel dan Palestina di Gaza telah meningkat sejak Rabu, ketika seorang gerilyawan Hamas terbunuh dan lima lainnya terluka dalam dua serangan udara Israel di pangkalan pelatihan Hamas di tenggara kota Gaza.

Di perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza, pejuang Palestina menembakkan roket ke negara Yahudi itu dan militer Israel melancarkan serangan udara ke wilayah Palestina.

Pada 22 Juni, seorang Palestina tewas dan dua lain cedera, satu diantaranya dalam keadaan serius, ketika pesawat tempur Israel menyerang daerah sebelah timur Al-Bureij di Jalur Gaza bagian tengah.

Serangan udara itu dilakukan setelah pejuang Palestina di Gaza menembakkan dua roket ke Israel selatan namun tidak ada korban atau kerusakan, demikian laporan AFP.

Kekerasan itu terjadi di tengah gencatan senjata rapuh antara Hamas yang menguasai Gaza dan Israel yang diumumkan Rabu malam (20/6) oleh sayap militer Brigade Ezzedine al-Qassam setelah kekerasan mematikan selama tiga hari di dan sekitar Gaza.

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga