Jumat, 19 Desember 2014

Saat jazz "diacak-acak"

| 6.481 Views
id urban jazz crossover, urban jazz 2012
Saat jazz
Musisi Harvey Malaiholo (kiri), Andien (tengah) dan Viky Sianipar juga tampil dalam konser "Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2012" di Jakarta.(ANTARA/Eric Ireng)
Jakarta (ANTARA News) - Pagelaran musik jazz ditampilkan dengan gaya berbeda pada "Urban Jazz Crossover 2012" di Jakarta, Jumat malam lalu.

Malam itu Tompi menyanyikan lagu rock "Bring Me to Life" dari Evanescence berasa swing diiringi gesekan violin.

Yukie "Pas Band" yang biasa tampil nge-rock juga tampil mengejutkan saat membawakan lagu "Without You" yang dipopulerkan Usher dan David Guetta dengan aransemen jazz.

Aneka rasa lain pun muncul dari perpaduan antara jazz dengan jenis musik lain yang ditampilkan sepanjang pertunjukan.

Bayu Risa mengawali konser sepanjang dua jam itu dengan lagu Michael Jackson, "Don't Stop Till You Get Enough".

Kemudian ia mengajak penonton bergoyang dengan lagu "Missing You" dari Everything But The Girl bersama rapper Kyriz Boogieman dan berduet dengan Millane Fernandez membawakan lagu "Tentang Kita" dari Kla Project.

Lalu, lagu Creed berjudul "My Sacrifice" dibawakan oleh Millane dengan iringan gesekan violin Didit, membuat lagu tersebut jauh berbeda dari aslinya.

Penonton makin histeris ketika music director, Ali Akbar dan Vicky Sianipar, mengubah lagu "Unbelieveable" dari EMF menjadi bernuansa jazz dan menampilkan perpaduan jazz-keroncong melalui kolaborasi Millane dan Intan Soekotjo, puteri penyanyi keroncong Sundari Soekotjo.

Tak seperti penyanyi keroncong yang biasanya mengenakan kebaya, Intan mengenakan gaun putih gemerlap. Ia bergerak lincah sambil melantunkan nada-nada tinggi, meski sayang pada awal penampilan suaranya tidak terdengar jelas karena teredam oleh suara Millane dan Kyriz.

Baru pada lagu "Bengawan Solo", Intan dan Millane membuat penonton terpukau oleh paduan keroncong dan jazz.

"Ini membuka wawasan kaum muda tentang keroncong itu apa dan ternyata musik keroncong bisa dikolaborasikan dengan musik jazz," kata Intan saat jumpa pers usai konser.

Intan juga menorehkan warna keroncong pada lagu beraliran dance rock dari Eurythmics berjudul "Sweet Dreams" yang berubah menjadi lagu swing dalam lantunan suara Andien.

Semakin malam, rasa jazz di "Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2012" semakin beraneka.

Yuki membawa jazz rasa rock pada lagu "Marilah Kemari" karya Titik Puspa, "Losing My Religion" milik R.E.M dan "Without You."

Pemain bass Barry Likumahuwa membuat suasana semakin atraktif dengan betotan senar bass-nya yang memukau, mengiringi penampilan Andien yang menawan saat membawakan lagu "Cinta Ini Membunuhku" dari D'Masiv.

Penonton menyambut mereka dengan tepuk tangan membahana. Dan mereka ikut bernyanyi bersama saat Andien membawakan lagu "Dan" dari Sheila on 7.


Kejutan multimedia

Di tengah pertunjukan, Indra Lesmana tiba-tiba muncul di layar panggung dalam bentuk hologram.

Ia berduet dengan Andien sambil memainkan jari-jarinya di atas nuts keyboard. Lantas ia hadir di atas panggung sambil memainkan pianika.

Riuh penonton semakin ramai saat Barry dan Indra saling unjuk kemampuan.

Selain Indra, Rika Roeslan juga tampil dalam sosok hologram saat mengiringi penyanyi lawas, Harvey Malaiholo. Keduanya menyuguhkan lagu dari Adele "Rolling In the Deep" dalam gaya swing.

Pada pertunjukan itu Harvey juga menghibur penonton dengan lagu "Begitu Indah" milik band Padi dengan iringan piano dan mengajak penonton bergoyang saat menyanyikan lagu "Dia" dalam afro-cubban jazz dengan iringan penari latar.

Kolaborasi lain dalam "Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2012" yang mengundang tepuk tangan dan tawa penonton adalah "duel" Barry dan Tompi.

Tompi menyajikan scat singing memukau dengan berbagai macam gaya, Barry membalasnya dengan betotan dawai bass.

Penonton semakin histeris saat Tompi memainkan suara seperti nada bass dan Barry meladeninya dengan bermain bass layaknya bermain piano.

"Muka lo biasa aja. Sok jago banget ini anak satu," kata Tompi. Penonton langsung tertawa mendengarnya.

Duel keduanya pun berakhir dengan iringan tepuk tangan penonton. Tompi melanjutkan pertunjukannya dengan lagu "Bring Me To Life" dari Evanescence dan "Gerangan Cinta" yang dikolaborasikan dengan Bayu Risa serta Indra Lesmana.

Konser pun mencapai klimaks saat Tompi menyanyikan lagu milik Katy Perry, "Fireworks", dengan sentuhan afro-cubban jazz.

"Menakjubkan," kata Indra Lesmana.

(M047)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca