Sabtu, 1 November 2014

Rio jalani 79 putaran di sesi kedua tes Formula 1

| 4.516 Views
id Rio haryanto, pebalap solo, mobil F1, formula satu, Marussia Carlin, Sirkuit Silverstone, Inggris,
Rio jalani 79 putaran di sesi kedua tes Formula 1
Rio Haryanto (kanan). (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)
Ini jumlah yang fantastis dan memberikan pengalaman bagi saya,
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto menjalani 79 putaran pada sesi kedua uji coba mobil F1 dalam program "Young Driver Test" di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Juru Bicara Rio Haryanto, Andy Mailangkay dalam surat elektroniknya, Sabtu, menyebutkan, hasil yang dicapai Rio yang mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) lebih baik dibandingkan pada sesi pertama.

Pada sesi pertama pebalap berusia 19 tahun ini hanya menempuh 19 putaran akibat kebocoran cairan di mesin dan cuaca yang buruk.

Tetapi pada sesi kedua yang dimainkan pagi hari waktu setempat, Rio sukses menggantikan kerugian pada sesi pertama dengan menempuh 79 putaran.

Rio Haryanto juga telah menggunakan sesi tersebut untuk membantu tim melakukan penyetelan mobil dalam rangka pengecekan kelayakan paket "upgrade" dengan komponen-komponen baru dalam mobil MR-01.

Rio Haryanto mengatakan, sesi kedua ini telah memberikan pengalaman positif tentang Marussia F1 setelah pada sesi pertama hanya berkesempatan memperoleh 19 putaran. "Ini jumlah yang fantastis dan memberikan pengalaman bagi saya," katanya.

Ia mengakui, program ini cukup sulit karena banyak hal-hal baru dan sangat berbeda bagi dirinya. "Tim telah membuat saya bekerja keras, tetapi hal itulah yang saya perlukan untuk menunjukkan potensi saya yang sebenarnya," katanya.

Ia menambahkan, dirinya akan berada di Hockeinheim, Jerman, pekan depan untuk melanjutkan seri kedelapan lomba balap mobil GP2 Series. "Setelah sesi uji coba ini, saya merasa lebih terpacu untuk meraih hasil yang lebih baik," katanya.

John Booth, Team Pricipal dari Marussia F1 mengatakan, dirinya sangat menikmati dua sesi uji coba di Silverstone dengan mengamati secara detail terhadap Rio Haryanto dan rekan setimnya di Marussia Carlin Max Chilton.

Menurut dia bahwa kedua pebalap tersebut telah menempuh 350 kilometer dalam dua sesi uji coba ini yang sebagian besar dijalankan dalam kondisi sirkuit yang kering dan mereka telah menjalankannya dengan baik mengingat pengalaman mereka masih sangat minim.

Yang mereka lakukan, kata dia, telah membantu tim untuk mendapatkan solusi-solusi dari sejumlah settingan mobil yang dihadapi di seri Grand Prix yang lalu sehingga telah memberikan pengalaman bagi kedua belah pihak.

(H015/R007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga