Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat bersama Organisasi Kemasyarakatan Gerakan Aman, Adil, dan Sejahtera untuk Indonesia (Garansi) mengembangkan program kewirausahaan masyarakat.

Ketua Umum Garansi, Gondo Raditiyo Gambiro didampingi Sekjen Garansi Didik Mukrianto kepada pers pada puncak HUT Ke-8 Garansi di Jakarta, Minggu mengemukakan bahwa langkah itu efektif dan strategis untuk menopang serta mejembatani program ekonomi kerakayatan yang dijalankan pemerintah.

"Tentunya, sinergi Demokrat dan Garansi bisa mempercepat akselerasi peningkatan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Gerakan Kewirausahaan Kelompok Strategis (GK2S) untuk memandirikan rakyat akan dideklarasikan pada puncak peringatan delapan tahun Garansi di Istora Senayan, Jakarta, Senin (16/7).

Sekitar 15 ribu kader Garansi dari berbagai kelompok strategis akan hadir, di antaranya kelompok tani, pemulung, nelayan, mahasiswa, pemuda, ibu rumah tangga, pedagang pasar, dan pedagang kaki lima.

Selain itu, sekitar 15 ormas undangan akan meramaikan HUT ormas berlambang tangan menggenggam padi ini.

Selain Gambiro yang tercatat sebagai penggagas dan pendiri Garansi, dijadwalkan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum serta Menteri Koperasi dan UKM yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarief Hassan akan hadir.

Selain itu, Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas direncanakan ikut menghadiri HUT Ke-8 Garansi tersebut.

Sejak berdiri, ormas yang turut serta memenangkan Susilo Bambang Yudhoyono dalam dua periode pemilihan presiden di Indonesia konsisten mengusung ekonomi kerakyatan sebagai tulang punggung peningkatan kesejaheteraan rakyat.

Program GK2S itu, menurut dia, bisa mempercepat pengentasan masyarakat dari kemiskinan, mengatasi pengangguran, dan membangkitkan rasa percaya diri masyarakat untuk mandiri.

"Sejak awal, ada kesepahaman pemikiran antara Demokrat dan Garansi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta membangun bangsa dan negara," ujar Gambiro yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR.
(S023/D007/D007)