Senin, 22 September 2014

Ratusan ikan mati diduga akibat limbah pabrik

Senin, 16 Juli 2012 17:28 WIB | 10.141 Views
Ratusan ikan mati diduga akibat limbah pabrik
Ilustrasi: ikan mati (www.mediaindonesia.com)
Sidoarjo (ANTARA News) - Ratusan ikan jenis mujair dan juga bader di Sungai Candi, Sidoarjo, Jawa Timur, ditemukan mati diduga akibat pencemaran limbah pabrik yang berada di sepanjang aliran sungai.

Salah seorang warga, M Anas, Senin mengatakan, banyaknya ikan yang mengambang di atas permukaan air tersebut langsung ditangkap oleh warga masyarakat.

"Begitu mengetahui banyak ikan yang mati (mabuk), warga langsung berbondong-bondong untuk menangkap ikan tersebut dengan menggunakan peralatan sederhana seperti jaring," paparnya.

Ia mengemukakan, warga sendiri tidak mengetahui apakah ikan ikan tersebut mengandung zat-zat yang dikandung dalam limbah perusahaan di hulu sungai.

"Warga sendiri tidak mengetahui apakah ada kandungan zat - zat berbahaya atau tidak dalam kandungan ikan yang mati mengambang tersebut," ucapnya.

Ia menyebutkan, kondisi air di sungai itu keruh dan agak berlendir pada saat ikan ikan tersebut mati dan mengambang di atas permukaan air.

"Ratusan ikan mati itu berada di sepanjang aliran sungai Desa Bligo, Kecamatan Candi Sidoarjo," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, aktivis Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) M Amir mengatakan, banyaknya ikan mati tersebut diduga akibat pencemaran limbah dari pabrik gula yang dibuang di sepanjang aliran sungai desa.

"Kami akan melaporkan peristiwa ini kepada badan lingkungan hidup Kabupaten Sidoarjo supaya mendapatkan tindak lanjut terkait dengan peristiwa pencemaran sungai ini," ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada pemerintah daerah supaya segera melakukan tindakan serius terkait dengan matinya sejumlah ikan tersebut.

(KR-MSW)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga