Kamis, 28 Agustus 2014

Rogge puas dengan solusi keamanan Olimpiade London

Senin, 16 Juli 2012 17:57 WIB | 1.702 Views
Rogge puas dengan solusi keamanan Olimpiade London
Logo Olimpiade London 2012 (ANTARA News/Istimewa)
Paris (ANTARA News) - Jacques Rogge, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), pada Senin menyatakan bahwa segala masalah seputar keamanan di Olimpiade London telah ditangani dengan baik.

Pria 70 tahun asal Belgia tersebut menambahkan pada konferensi pra-Olimpiade via telepon, bahwa pada perhelatan-perhelatan Olimpiade sebelumnya, di mana ia terlibat sebagai kompetitor atau administrator, selalu terdapat masalah yang muncul.

Masalah keamanan mencuat pada pekan lalu, ketika perusahaan keamanan yang dikontrak mengungkapkan bahwa petugas keamanan yang mereka miliki tidak mencapai kebutuhan 10.000 orang, dan 3.500 tentara akan didaftarkan untuk menebus kekurangannya.

Bagaimanapun, Rogge dikutip AFP mengatakan bahwa IOC telah menerima jaminan bahwa masalah tersebut telah mendapat jalan keluar.

"Tentu saja keamanan adalah masalah terpenting bagi pemerintah dan panitia penyelenggara," kata Rogge, yang akan memimpin Olimpiade terakhir karena sebagai presiden IOC ia akan mengundurkan diri pada September tahun depan.

"Mereka telah memperlihatkan fleksibiltas yang bagus. Tambahan tentara memberi ketenangan ekstra."

Rogge, yang terpilih untuk menduduki posisi tersebut pada 2001, ketika Juan Antonio Samaranch mengundurkan diri, mengatakan para tentara semestinya tidak membuat para penonton Olimpiade khawatir.

"Militer telah menjadi bagian dari keamanan di Olimpiade sejak Olimpiade 1972 (ketika 11 atlet Israel dan sejumlah pelatih dibunuh oleh grup September Hitam di Muenchen)," ucapnya.

"Mereka tidak akan berlari dengan senapan-senapan mesin. Mereka tidak akan terlalu terlihat dan terlalu menonjol. Itu tidak akan mengacaukan kegembiraan," katanya.

Rogge, yang meminta Komite Ko-Ordinasi IOC terus mendapat informasi dari panitia penyelenggara mengenai situasi terkini, mengatakan bahwa dirinya tidak kecewa dengan berbagai isu menjelang Olimpiade yang akan dimulai pada Jumat depan.

"Saya tidak kecewa," ucapnya.

"Ini akan menjadi Olimpiade ke-21 di bawah asuhanku. Selalu terdapat sejumlah isu."

"Saya akan memberi satu contoh. Di Sydney pada 2000, perusahan bus yang mestinya mensuplai bus bangkrut. Kemudian tiba-tiba Olimpiade tersebut tidak memiliki bus sama sekali."

"Bagaimanapun, panitia penyelenggara bekerja sepanjang malam untuk menghubungi sekolah-sekolah dan institusi lainnya, dan mereka tiba dengan 300 bus yang telah memecahkan masalah."

"Terdapat sejumlah isu lain dengan Olimpiade yang lain. Tidak, masalah keamanan ini telah diatasi dengan baik,. Panitia penyelenggara dan pemerintah sangat fleksibel dan sangat adaptif."

"Itu yang dihitung."

Rogge mengatakan bahwa ia berharap saat Olimpiade berlangsung, isu-isu yang ada akan segera dilupakan.

"Saya pikir London akan menjadi Olimpiade yang sangat sukses."

"Ada persiapan yang bagus, terdapat arena-arena yang berseni, dan perkampungan Olimpiade yang sangat bagus."

"Saya pikir semangat ini akan mengusir semua pertanyaan yang ada. Akan ada atmosfer yang sangat bagus di sini."

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga