Kamis, 2 Oktober 2014

Freeport dukung kerjasama LPMAK-Unipa

Senin, 16 Juli 2012 19:06 WIB | 3.829 Views
Freeport dukung kerjasama LPMAK-Unipa
Ilustrasi (ANTARA News/Lukisatrio)
Kami meyakini Unipa memiliki sumber daya yang diperlukan LPMAK dalam melaksanakan program-program pengembangan masyarakat."
Timika (ANTARA News) - PT Freeport Indonesia mendukung penuh jalinan kerja sama antara Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dengan Universitas Negeri Papua (Unipa) Manokwari dalam bidang pengembangan masyarakat lokal di Kabupaten Mimika.

Senior Manajer Sosial Local Development PT Freeport, Arief Susanto di Timika, Senin mengatakan perusahaan sangat mendukung langkah LPMAK yang menggandeng sejumlah pihak termasuk Unipa Manokwari dalam rangka mempercepat pembangunan masyarakat di Kabupaten Mimika.

Arief Susanto berharap melalui kerja sama tersebut maka berbagai program di bidang pengembangan masyarakat lokal bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Kemitraan antara LPMAK dengan Unipa Manokwari sudah berlangsung selama beberapa tahun. Pada 1 Mei lalu, kedua belah pihak sepakat memperpanjang kerja sama selama kurun waktu lima tahun ke depan. Nota kesepahaman antara kedua belah pihak ditandatangani oleh Sekretaris Eksekutif LPMAK, Emanuel Kemong dan Rektor Unipa Manokwari, DR Suriel Mofu.

Di bidang pendidikan, LPMAK dan Unipa Manokwari melakukan kerja sama dalam program beasiswa bagi mahasiswa asal tujuh suku (Amungme, Kamoro, Dani, Damal, Nduga, Moni dan Mee/Ekagi) yang kuliah di Unipa Manokwari dan pengelolaan pendidikan pola semi asrama (PPSA) di Mimika.

Rektor Unipa, Dr Suriel Mofu mengatakan pengalaman membuktikan bahwa pembangunan masyarakat di Papua harus dilakukan melalui sebuah proses pendampingan yang berkelanjutan.

Menurut Suriel Mofu, Unipa Manokwari akan membuka sebuah kantor perwakilan di Timika yang akan mengkoordinasikan seluruh kerjasama Unipa dengan berbagai pihak terkait di wilayah itu.

Sedangkan Sekretaris Eksekutif LPMAK, Emanuel Kemong berharap dari kerja sama ini terjadi peningkatan kualitas hubungan antara LPMAK dengan Unipa.

"Kami meyakini Unipa memiliki sumber daya yang diperlukan LPMAK dalam melaksanakan program-program pengembangan masyarakat," harap Kemong.

Sebagai lembaga yang dipercaya oleh PT Freeport Indonesia mengelola dana kemitraan, maka LPMAK memiliki kerja sama dengan sejumlah pihak termasuk perguruan tinggi, salah satunya yaitu Unipa Manokwari.

Menurut dia, LPMAK merasa ada banyak kemajuan yang dicapai dalam kerja sama dengan Unipa selama ini melalui program-program pendidikan dan pendampingan ekonomi masyarakat di Kabupaten Mimika.

(E015/a011)

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga