DKI akan tingkatkan fasilitas RSUD Pasar Rebo

Senin, 16 Juli 2012 21:47 WIB | 2642 Views

DKI akan tingkatkan fasilitas RSUD Pasar Rebo

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Beberapa fasilitas yang menjadi perhatian di antaranya tempat tidur pasien di UGD dan mesin cuci darah. Fasilitas ini akan diperbanyak, sehingga mampu melayani warga Jakarta lebih banyak lagi,"
Berita Terkait
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara bertahap meningkatkan fasilitas layanan kesehatan di seluruh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Di antaranya RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur akan ditingkatkan fasilitas layanan cuci darah, jumlah tempat tidur rawat inap kelas III, penambahan tempat tidur di Unit Gawat Darurat (UGD).

"Beberapa fasilitas yang menjadi perhatian di antaranya tempat tidur pasien di UGD dan mesin cuci darah. Fasilitas ini akan diperbanyak, sehingga mampu melayani warga Jakarta lebih banyak lagi," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat berkunjung ke RSUD Pasar Rebo, Senin.

Ia mengatakan, fasilitas yang akan ditambah di antaranya tempat tidur untuk ruang rawat inap kelas III yang akan menjadi 100 tempat tidur, penambahan tempat tidur di UGD dari 22 menjadi 65 tempat tidur.

"Penambahan pelayanan cuci darah (haemodialisa), yang akan ditambah 15 unit sehingga total fasilitas yang tersedia sebanyak 20 unit," ujarnya.

Tujuan penambahan mesin cuci darah, ungkap Fauzi, untuk meningkatkan pelayanan pasien yang membutuhkan cuci darah. Pasien yang menggunakan kartu gakin tidak dikenakan biaya apa pun saat mencuci darah.

"Pemprov DKI juga akan memberikan fasilitas gawat darurat (Critical Care) terhadap RSUD Pasar Rebo yang akan selesai pada akhir tahun 2012," paparnya.

Ia menegaskan pelayanan kesehatan bagi warga miskin Jakarta telah diberikan melalui mekanisme kartu gakin dan SKTM.

Sejumlah kasus kesehatan yang membutuhkan biaya besar ditanggung pemerintah untuk warga yang memiliki kartu keluarga miskin (gakin). Misalnya, pemasangan ring untuk pasien jantung dan penanganan penyakit jantung bawaan pada bayi.

"Ya seperti di RSUD Pasar Rebo yang melayani pasien kartu Gakin dan SKTM. Warga Jakarta yang memiliki kartu Gakin maupun SKTM dilayani untuk rawat jalan maupun rawat inap. Silakan datang, gunakan fasilitas kesehatan yang sudah diperuntukkan bagi warga Jakarta," tegasnya.

(ANT-306/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Jual beli suara Pemilu mulai dari Rp5.000

Jual beli suara Pemilu mulai dari Rp5.000Indonesian Corruotion Watch (ICW) menemukan suap politik yang diberikan kepada masyarakat oleh para kandidat yang ...

Finlandia ingin kenalkan energi berbasis limbah organik

Finlandia ingin kenalkan energi berbasis limbah organikFinlandia sangat tertarik mengenalkan teknologi energi berbasis limbah organik kepada Indonesia antara lain karena ...

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawat

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawatSeorang remaja pria tiba dengan selamat dalam penerbangan dari California ke Hawaii kendati dia menumpangi tempat roda ...